10 JENIS MESIN PENCARI (SEARCH ENGINE)

10 JENIS MESIN PENCARI (SEARCH ENGINE)

10 JENIS MESIN PENCARI (SEARCH ENGINE)

10 JENIS MESIN PENCARI (SEARCH ENGINE)
10 JENIS MESIN PENCARI (SEARCH ENGINE)

1. Google

Sejarah Google
Google tak hanya unik dari asal katanya. Google pun memiliki latar belakang sejarah yang unik. Google lahir dari sebuah pertemuan dua pemuda yang terjadi secara tidak sengaja pada tahun 1995 lalu. Larry Page, alumnus Universitas Michigan (24), yang sedang menikmati kunjungan akhir pekan, tanpa sengaja dipertemukan dengan Sergey Brin, salah seorang murid (23) yang mendapat tugas mengantar keliling Lary.
Dalam pertemuan tanpa sengaja tadi, dua pendiri Google tersebut sering terlibat diskusi panjang. Keduanya memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda sehingga sering terlibat perdebatan. Namun, perbedaan pemikiran mereka justru menghasilkan sebuah pendekatan unik dalam menyelesaikan salah satu tantangan terbesar pada dunia komputer. Yakni, masalah bagaimana memperoleh kembali data dari set data masif.
Pada Januari 1996, Larry dan Sergey mulai melakukan kolaborasi dalam pembuatan search engine yang diberi nama BackRub. Setahun kemudian pendekatan unik mereka tentang analisis jaringan mengangkat reputasi BackRub. Kabar mengenai teknik baru mesin pencari langsung menyebar ke penjuru kampus. Larry dan Sergey terus menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1998. Keduanya juga mulai mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi Google. Gayung pun bersambut. Mereka mendapat suntikan dana dari teman kampus, Andy Bechtolsheim, yang merupakan pendiri Sun Microsystems. ”Kami bertemu dengan Andy pada pagi buta, di serambi asrama mahasiswa fakultas Stanford, di Palo Alto,” ujar Sergey. ”Kami memberikan demo secara singkat karena Andy tak memiliki waktu yang cukup lama. Lalu, dia hanya berkata, ‘Mengapa tidak aku tulis cek untuk kalian.?” Sebuah cek senilai 100 ribu dolar AS diberikan oleh Andy Bechtolsheim. Sayangnya, cek itu tertulis atas nama perusahaan Google. Padahal saat itu perusahaan bernama Google belum didirikan oleh Sergey dan Larry.
Investasi dari Andy menjadi sebuah dilema. Larry dan Sergey tak mungkin menyairkan cek selama belum ada lembaga legal yang bernama perusahaan Google. Karena itu, dua pendiri Google ini kembali bekerja keras dalam mencari investasi. Mereka mencari pendana dari kalangan keluarga, teman, dan sejawat hingga akhirnya terkumpul dana sekitar 1juta dolar. Dan akhirnya, perusahaan Google pun dapat didirikan pada 7 Septembar 1998 dan dibuka secara resmi di Menlo Park, California.
PenamaanGoogle
Nama Google dengan dua ‘o’ pun unik. Sebab, jika data hasil pencarian ditemukan, jumlah ‘o’ akan muncul sebanyak web yang didapat oleh mesin pencari.
Kata Google berasal dari kata googol. Kata ini berhasil diciptakan oleh Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner, seorang ahli matematika dari AS. Sirotta membuat istilah googol untuk menyebutkan angka satu (1) yang diikuti 100 angka nol (0).
Luar biasa. Googol merupakan kata yang menunjukkan sebuah bilangan yang sangat besar jumlahnya. Bilangan yang melebihi bilangan miliar atau triliun. Dan di alam semesta ini tak ada benda yang berjumlah hingga googol-an. Tidak itu bintang, tidak itu partikel debu, dan tak pula atom.
Karena itu, penggunaan kata Google merupakan refleksi dari kata googol. Dengan kata tersebut, Google berusaha merefleksikan dirinya sebagai perusahaan yang memiliki misi mengelola sesuatu yang sangat luas dan tak terbatas. Dan itu hanya terdapat pada dunia saiber tempat informasi melimpah tanpa batas.

Penjelasan singkat Google

Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.

2. Yahoo!

Sejarah Yahoo!
Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.

Pada bulan April 1994 tersebut, bookmark yang tadinya diberi nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” diganti menjadi Yahoo!, yang mana berasal dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Filo dan Yang memilih kata tersbeut karena mereka menyukai definisi umum dari kata-kata tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s Travels oleh Jonathan Swift: “rude –kuat-, unsophisticated -sederhana-, dan uncouth –kasar-)
Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum. Seperti kebanyakan mesin pencari pada web, Yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan. Pada bulan Juli 2012, Yahoo mendapatkan seorang CEO baru yang merupakan bekas salah satu petinggi saingan mereka, Google, Marissa Mayer.

Penjelasan singkat Yahoo!
Yahoo! Inc. (NASDAQ: YHOO) adalah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat. Menurut sumber berita, sekitar 700 juta orang mengunjungi situs-situs Yahoo! setiap bulannya. Yahoo! sendiri mengklaim bahwa mereka berhasil menarik “lebih dari setengah miliar pengunjung setiap bulannya ke situs-situsnya yang memiliki 30 bahasa.”
Yahoo! Inc. didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan dibentuk pada 1 Maret 1995. Pada tanggal 16 Juli 2012, mantan eksekutif Google, Marissa Mayer, ditunjuk sebagai CEO dan Presiden Yahoo!, efektif 17 Juli. Yahoo telah mengangkat satu CEO setiap tahun selama lima tahun terakhir

3. Altavista

Sejarah Altavista
AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation ‘s Western Research Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat file penemuan tentang jaringan publik lebih mudah. Walaupun ada beberapa perselisihan tentang siapa yang bertanggung jawab atas ide asli,dua peserta kunci Louis Monier , yang menulis crawler , dan Michael Burrows , yang menulis pengindeks . Nama AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista adalah publik diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com.
Saat peluncuran, layanan itu memiliki dua inovasi yang mengaturnya depan mesin pencari lainnya; Ini digunakan cepat, multi-threaded crawler (Scooter) yang dapat mencakup banyak halaman Web lebih dari yang diyakini ada pada saat itu dan berjalan efisien pencarian back-end pada hardware lanjut.Pada tahun 1998, digunakan 20 multi-prosesor mesin menggunakan-bit 64 DEC Alpha prosesor. Bersama-sama, mesin back-end memiliki 130 GB RAM dan 500 GB hard disk space, dan menerima 13 juta query per hari.Ini AltaVista membuat pertama dicari, full-text database dari sebagian besar dari World Wide web . Fitur yang membedakan AltaVista adalah antarmuka minimalis dibandingkan dengan mesin pencari lain waktu, sebuah fitur yang hilang ketika menjadi sebuah portal , namun kembali ketika upaya memfokuskan kembali pada fungsi pencarian.
AltaVista situs adalah sebuah kesuksesan. Lalu lintas terus meningkat dari 300.000 hits di hari pertama lebih dari 80 juta hits sehari dua tahun kemudian.Kemampuan untuk mencari web, dan itu layanan AltaVista khususnya, menjadi subyek berbagai artikel dan bahkan beberapa buku. AltaVista sendiri menjadi salah satu tujuan utama di web, dan pada tahun 1997 akan menghasilkan US $ 50 juta dalam sponsor pendapatan .
Pada tahun 1996, AltaVista menjadi penyedia eksklusif hasil pencarian untuk Yahoo! . Pada tahun 1998, Digital dijual ke Compaq dan pada tahun 1999, Compaq AltaVista diluncurkan kembali sebagai web portal , berharap untuk bersaing dengan Yahoo!. AltaVista ditinggalkan dan halaman pencarian efisien terfokus pada fitur seperti belanja dan gratis. Pada bulan Juni 1998, Compaq dibayar AltaVista Teknologi Incorporated (“ATI”) $ 3,3 juta untuk yang nama domain altavista.com – Jack Marshall , salah seorang pendiri ATI, telah mendaftarkan nama pada tahun 1994.
Pada bulan Juni 1999, Compaq menjual saham mayoritas di AltaVista ke CMGI , sebuah perusahaan investasi internet. CMGI mengajukan penawaran umum perdana atas AltaVista berlangsung pada bulan April 2000, tetapi sebagai gelembung internet runtuh, IPO tersebut dibatalkan. Sementara itu, menjadi jelas bahwa strategi ini AltaVista portal tidak berhasil, dan layanan pencarian mulai kehilangan pangsa pasar, terutama untuk Google . Setelah serangkaian PHK dan perubahan manajemen, AltaVista secara bertahap gudang fitur portal dan kembali fokus pada pencarian. Pada tahun 2002, AltaVista telah meningkatkan kualitas dan kesegaran hasil dan didesain ulang antarmuka pengguna. Pada Februari 2003, Altavista dibeli oleh Overture Services, Inc Pada bulan Juli 2003, Overture sendiri diambil alih oleh Yahoo.
Layanan Grat.
AltaVista menyediakan layanan terjemahan bebas, bermerek Babel Fish , yang secara otomatis menerjemahkan teks antara beberapa bahasa.. Pada bulan Mei 2008, layanan in kembali dicap sebagai bagian dari Yahoo!.
AltaVista Salah satu Search Engine Terlama
AltaVista memiliki kehormatan menjadi salah satu mesin pencari tertua di Web, karena mulai perjalanan kembali (ini adalah waktu yang lama di tahun Internet) pada tahun 1995 dengan indeks pertama Web Internet. Just as a quick age comparison, Google started in 1998 , and Yahoo started out as an Internet guide in 1994. Sama seperti perbandingan usia cepat, Google dimulai pada tahun 1998 , dan Yahoo dimulai sebagai panduan internet pada tahun 1994.
Berikut adalah beberapa lain “pengalaman pertama” dan terkenal highlights dari AltaVista, langsung dari Tentang Kami halaman:
– Memberikan Internet pertama indeks Web (1995)
– Pertama kemampuan pencarian multibahasa di Internet
– Pertama mesin pencari Internet untuk memulai Foto, Audio, dan kemampuan pencarian Video
Kebanyakan fitur pencarian lanjutan internet dan kemampuan: multimedia pencarian, terjemahan & pengakuan bahasa, dan pencarian khusus
Diberikan 61 pencarian terkait paten, lebih dari perusahaan pencarian internet lainnya
AltaVista Pencarian Home Page
halaman rumah AltaVista adalah sleekly elegan. Ada bar pencarian tepat di tengah, dengan berbagai pilihan pencarian tab, termasuk Foto, MP3/Audio, Berita, dan Video.Filter Pencarian tersedia langsung, Anda dapat memilih untuk membatasi pencarian Anda hanya untuk Amerika Serikat (default), atau Anda bisa pergi di seluruh dunia. Anda juga dapat memberikan hasil dalam semua bahasa (default), atau memilih untuk pergi dengan hasil hanya bahasa Inggris atau Spanyol.

Penjelasan singkat Altavista
Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain Alltheweb, Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.
Ciri utama AltaVista yang dapat mengindeks sebanyak lebih dari 550 juta halaman situs ialah penggunaan analisa relevansi teks dan juga penggunaan logika Boolean. Pencarian dapat dilakukan dengan menggunakan kata atau frasa yang tepat sesuai dengan topik yang dicari. Pencarian dapat dibatasi hanya pada bagian-bagian tertentu, misalnya judul, jangkar (anchor), host, link, applet, gambar, dan URL. Keunggulan utama Alta Vista ialah kemampuan menggabung pencarian hanya dengan satu kali pencarian saja.

4. Ask Jeeves

Sejarah Ask Jeeves
Ask.com awalnya dikenal sebagai Ask Jeeves, dimana “Jeeves” adalah nama “gentleman pribadi pria ini”, atau pelayan, mengambil jawaban atas pertanyaan ditanyakan. Karakter didasarkan pada Jeeves, valet fiksi Bertie Wooster ini dari karya Wodehouse PG.
Ide asli di balik Ask Jeeves adalah untuk memungkinkan pengguna untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan dalam sehari-hari, bahasa alami, serta kata kunci pencarian tradisional. The Ask.com saat ini masih mendukung ini, dengan dukungan ditambahkan untuk pertanyaan matematika, kamus, dan konversi.
Ask.com kantor pusat di Oakland, California
Pada tahun 2005, perusahaan ini mengumumkan rencana untuk phase out Jeeves. Pada tanggal 27 Februari 2006, karakter menghilang dari Ask.com, dan dinyatakan akan “masuk untuk pensiun.” Edisi Inggris / Irlandia dari website, di uk.ask.com, jelas membawa karakter kembali pada tahun 2009. InterActiveCorp memiliki berbagai situs termasuk negara-situs tertentu untuk Inggris, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, dan Spanyol bersama dengan Ask Kids, Teoma (sekarang ExpertRank) dan beberapa orang lain. Pada 5 Juni 2007 Ask.com diluncurkan kembali dengan tampilan 3D.
Pada tanggal 16 Mei 2006, Tanyakan menerapkan “Teropong Preview Site” ke dalam hasil pencariannya. Pada halaman hasil pencarian, “Teropong” biarkan pencari menangkap menyelinap mengintip dari halaman mereka bisa mengunjungi dengan mouse-over screenshot mengaktifkan pop-up.
Pada bulan Desember 2007, Tanyakan merilis fitur AskEraser, yang memungkinkan pengguna untuk opt-out dari pelacakan permintaan pencarian dan IP dan nilai-nilai cookie. Mereka juga berjanji untuk menghapus data ini setelah 18 bulan jika pilihan AskEraser tidak diatur. HTTP cookies harus diaktifkan untuk AskEraser berfungsi.
Pada 4 Juli 2008 InterActiveCorp mengumumkan akuisisi Lexico Publishing Group, yang memiliki Dictionary.com, Thesaurus.com, dan Reference.com.
Pada 26 Juli 2010, Ask.com merilis tertutup-beta Q & A layanan. Layanan ini dirilis ke publik pada 29 Juli 2010 [13]. Ask.com meluncurkan ponsel Q & A app untuk iPhone pada akhir tahun 2010.
Penjelasan singkat Ask Jeeves
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.

5. BING

Sejarah Bing
Microsoft telah memproduksi tiga mesin pencari sebelum Bing, yakni MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search. Namun sayangnya menurut Microsoft ini, kinerja ketiga mesin pencari ini kurang maksimal dalam menarik pengguna sehingga belum mampu menggeser kedudukan Google Search sebagai penguasa mesin pencari di dunia Internet. Kegagalan ketiga mesin pencari sebelum Bing ini, tidak mematahkan semangat Microsoft untuk terus menerus berinovasi dengan mencoba untuk mengevaluasi dan menganalisis kelemahan-kelemahan yang ada pada ketiga mesin pencari sebelum Bing tersebut. Selain itu, Microsoft juga menganalisis kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh mesin pencari pesaing, terutama Google Search dan Yahoo Search. Setelah melalui segala bentuk usaha di atas, Microsoft berusaha memperbaiki dan mengaplikasikannya pada produk mesin pencari terbaru, yaitu Bing. Sejarah terciptanya Bing pada prinsipnya tidak terlepas dari tiga mesin pencari produksi Microsoft sebelumnya. Secara historis dapat dikemukakan bahwa terciptanya Bing dimulai dari MSN Search sampai Windows Live Search lalu Live Search.
Penjelasan singkat Bing
Bing merupakan salah satu search engine website yang bernaung di bawah bendera microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu yakni, Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi diluncurkan pada tanggal 3 juni 2009, menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live search. Bing diciptakan dengan mebggunakan suatu teknologi, yaitu teknologi powerset. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memmperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Disamping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan 4 kategori, yaitu :
Web pencarian halaman situs/web.
Images untuk pencarian gambar.
News untuk pencarian berita.

6. Alltheweb

Sejarah Alltheweb
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauhini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file. Internet AllTheWeb adalah mesin pencari yang berjaya pada pertengahan tahun 1999.
AllTheWeb tumbuh keluar dari FTP Search, Tor Egge doktor tesis di Norwegia Universitas Sains danTeknologi, yang ia mulai pada tahun 1994, yang pada gilirannya mengakibatkan pembentukan Cepat Cari dan Transfer didirikan pada 16 Juli 1997. Itu digunakan terutama sebagai bagian pertunjukan situs untuk FAST perusahaan mesin pencari. Meskipun menyaingi Google dalam ukuran dan teknologi, AllTheWeb tidak pernah menjadi popular.
 Penjelasan singkat Alltheweb
Alltheweb dapat digunakan untuk mencari informasi disitus-situs internet. Selain itu, alltheweb juga dilengkapi dengan kemampuan mencari informasi berupa gambar video, MP3, dan file FTP. Dalam proses penyimpanan ke dalam database, search engine mampu melakukan pengindeksian terhadapsatu halaman penuh, berbeda dengan google yang hanya mampu mengindeks sebesar 110 kb pertama dari halaman sebuat situs. Meskipun demiian, alltheweb tidak mampu mencari file-file PDF dan tidak pula menyediakan fasilitas sebuah situs.

7. Wikipedia

Sejarah Wikipedia
Wikipedia sebenarnya lahir dari sebuah proyek yang dikenal dengan nama Nupedia, yang didanai oleh Bomis.com, sebuah perusahaan bersama yang dimiliki oleh Jimmy Wales, Michael Davis and Tim Shell. Jimmy Wales sendiri adalah pendiri dari Wikipedia.
Tapi jika kita membicarakan Wikipedia dan Nupedia, ada 1 orang yang berperan penting dalam pengembangannya di kemudian hari. Orang itu adalah Larry Sanger. Di tahun 2000, sesudah mendengar kata “ensiklopedia kolaboratif dan gratis”, Larry menghubungi Jimmy untuk mengenal lebih dalam mengenai proyek tersebut. Jimmy akhirnya meminta Larry untuk memimpin seluruh proyek tersebut. Larry dan Jimmy mencetuskan ide untuk menggunakan teknologi wiki untuk mengembangkan Wikipedia.
Pada akhirnya, pengaruh dan kerja keras Larry digabungkan dengan visi Jimmy akhirnya menjadi salah satu proyek ensiklopedia paling sukses dan dermawan yang pernah diketahui dunia sekarang ini, yaitu Wikipedia.
Pada saat Nupedia didirikan pada tahun 2000, idenya adalah sebuah ensiklopedia online yang isinya ditulis oleh orang-orang ahli yang dicek kembali oleh orang-orang ahli tersebut. Tetapi ada masalah terkait atas hal itu, yakni lambatnya produksi. Tidak lama setelah berdirinya Nupedia, Jimmy Wales dan Larry Sanger memiliki ide untuk menggunakan teknologi wiki yang memperbolehkan orang untuk membuat dan memperbarui sebuah informasi, mereka menamakan proyek itu Wikipedia.
Dalam waktu 3 tahun, Wikipedia telah menghasilkan 20.000 informasi sedangkan Nupedia hanya 24 informasi atau artikel. Hal ini membuat Jimmy Wales terkejut dan merasa Wikipedia jauh lebih baik dibandingkan Nupedia, oleh karena itu ia mulai fokus untuk mengembangkan Wikipedia dan mengucapkan selamat tinggal ke Nupedia. Larry Sanger yang melihat hal ini, juga mendukung pengembangan Wikipedia tetapi ia melihat bahwa Wikipedia memiliki kelemahan dan akhirnya keluar pada tahun 2002.
Penjelasan singkat Wikipedia
Pendiri Wikipedia berencana untuk menyaingi mesin pencari Google
Pendiri Wikipedia Jimmy Wales bekerja sama dengan Amazon untuk meluncurkan mesin pencari untuk Google saingan, mengandalkan penilaian manusia daripada algoritma.

Wikiasari dijadwalkan untuk memulai kuartal pertama 2007, didukung oleh jutaan dolar dana dari Amazon.com dan Silicon Valley pemodal, demikian lansir The Times of London. Nama ini diambil dari nama dari wiki, Hawaii untuk “cepat”, dan Asari, Jepang untuk “pencarian mencari-cari”.
Wikiasari akan menggunakan teknologi berbasis pengguna yang sama seperti Wikipedia, sebuah ensiklopedi online yang memungkinkan pembaca untuk mengedit entri. Mesin pencari baru akan bekerja pada premis yang sama, dengan Wales mengklaim berbasis komputer Google pencarian algoritmik yang terbuka untuk manipulasi dan tidak cocok untuk penilaian manusia.
Komentar Wales datang kurang dari dua minggu setelah Wikipedia meluncurkan web hosting gratis untuk kelompok masyarakat , dengan syarat mereka tidak mengenakan biaya untuk layanan mereka. Penawaran dari rencana datang hari setelah pengumuman bahwa Amazon.com adalah menjadi investor perusahaan pertama di lengan komersial Wikipedia, Wikia.
Diluncurkan pada tahun 2001, Wikipedia memiliki lebih dari enam juta artikel dan merupakan salah satu situs dunia yang paling banyak dikunjungi. Situs ini telah mantap oleh kontroversi atas kehandalan dan akurasi karena pembaca fakta dapat mengedit entri. Contoh profil tinggi termasuk menulis ulang biografi wartawan John Seigenthaler pada tahun 2005 untuk mengklaim dia terkait dengan pembunuhan John F. Kennedy dan Robert Kennedy. Insiden ini memaksa Wikipedia untuk memperkenalkan penjaga yang aman ke dalam penciptaan entri dan proses editing.

8.Lycos

Sejarah Lycos
Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Proyek Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini. Sampai saat ini, Lycos merupakan mesin pencari yang paling dikenal di Amerika Serikat (top ke 25). Lycos juga mendapat ranking ke-5 dalam hal portal Internetnya, setelah Yahoo, MSN, AOL dan MySpace.
Penjelasan singkat Lycos
Lycos yang merupakansebuah proyek dari sebuah lab di Universitas Carnigie Mellon, Juli 1994, didirikan oleh Michael Maudlin. Lycos ternyata adalah potongan nama hewan, tepatnya nama laba-laba. Lycos adalah potongan dari nama “Lycosidae” yaitu nama keluarga laba-laba yang dapat bergerak sangat cepat. Mengapa laba-laba? Karena lycos menggunakan teknologi “spider” untuk menjelajahi website (jaring-jaring situs). Spider disini adalah terminologi internet untuk suatu robot program, yang dapat melakukan penyusunan indeks banyak tempat dengan menjelajahi dan merekamnya satu persatu. Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas.

9.Scirus

Sejarah Scirus
Scirus adalah mensin pencari khusus untuk ilmu pengetahuan. Ia mencari informasi mengenai ilmu pengetahuan. Sama seperti Exalead dan Searchmash, Scirus menambahkan sidebar yang menyaring hasil hasil pencarian untuk akurasi maksimal. Mereka memberikan rekomendasi pencarian, kemampuan untuk melakukan pencarian di situs lain yang berhubungan dengan kata kunci Anda dan kemampuan untuk menyimpan, email atau melakukan export situs. Fitur lain yang sangat berguna adalah pencarian file berdasarkan tipe, seperti HTML, PDF, Word, PS, PPT, TeX.
Penjelasan singkat Scirus
Scirus mengklaim sebagai mesin pencari khusus sains paling komprehensif di internet. Scirus memiliki lebih dari 480 juta halaman web ilmiah, yang membantu peneliti dalam mencari secara cepat banyak referensi penelitian ilmiah dari internet, seperti:

* mencari data ilmiah, teknis dan medis di internet
* menemukan laporan terbaru, artikel peer-review, paten, pre-print, dan jurnal yang sulit dicari dari search engine biasa
* memberikan fungsionalitas yang unik karena didesain untuk ilmuwan dan peneliti.
Scirus memiliki cakupan banyak fitur pilihan yang akan membantu pencarian informasi ilmiah yang dibutuhkan.

10.Excite

Sejarah Excite
Excite didirikan sebagai Architext pada tahun 1994 oleh Graham Spencer, Joe Kraus, Mark Van Haren, Ryan McIntyre, Ben Lutch dan Martin Reinfried, yang semuanya mahasiswa di universitas Stanford. Excite merupakan piranti pencari yang sangat digemari. Keunggulannya, excite dapat menerima operasi logika Boolean dalam pencarian data. Operasi Boolean yang disediakan adalah OR, AND dan NOT. Jadi anda dapat mencari dokumen yang mengandung kedua kata “printer dan inkjet” dalam mengetikan printer AND inkjet pada kolom pencarian Excite. Tanda kurung untuk menyusun tahapan logika Boolean juga dapat dipakai, contohnya: printer and (inkjet or deskjet). Excite juga dapat mencari kata-kata yang dianggap sebagai satu kesatuan dengan mengapit kata-kata tersebut dengan tanda kurung, contohnya “printer inkjet”. Merupakan salah satu dari 10 situs pencari utama menurut Mediametrix.com dan nielsen-netratings.com. jadi kalau situs anda ingin dikenal maka daftarkan ke situs pencari ini, dan daftarkan ke jaringan excite. Jaringannya juga terdiri dari Magellan Software (http://www.magellan.com) dan webcrawler.com.
Penjelasan singkat Excite
Excite berasal dari Architext proyek, yang dimulai pada bulan Februari oleh, 1993 oleh enam mahasiswa undergrad Stanford. Mereka memiliki ide untuk menggunakan analisis statistik hubungan kata untuk membuat pencarian lebih efisien. Mereka segera didanai, dan pada pertengahan tahun 1993 mereka merilis salinan dari perangkat lunak pencarian mereka untuk digunakan pada situs web. Mesin pencari Excite merupakan salah satu mesin pencari yang mampu menampilkan informasi berupa web, gambar, berita, audio, dan vide.o

(Sumber: https://dosen.co.id/)