10 UNIVERSITAS TERTUA DI DUNIA

10 UNIVERSITAS TERTUA DI DUNIA

10 UNIVERSITAS TERTUA DI DUNIA

10 UNIVERSITAS TERTUA DI DUNIA
10 UNIVERSITAS TERTUA DI DUNIA

Universitas tertua di dunia ternyata dimulai di abad pertengahan oleh dunia Islam. Eropa baru memulai mengikutinya kira-kira dua abad setelah itu. Apa saja universitas-universitas tertua di dunia itu ?
1. Universitas Al-Karaouine : terletak di Fes, Maroko. Menurut Guinness World Records, inilah universitas tertua di dunia, dan sekarang tetap eksis. Universitas ini awalnya adalah sebuah masjid, didirikan pada 859 M (245 H) oleh Fatimah binti Mohammad Al Fahri, seorang wanita. Universitas ini bahkan telah mencetak banyak intelektual Barat seperti, Silvestor II, pemimpin tertinggi gereja Katholik Vatikan tahun 999. Dialah yang berjasa memperkenalkan “angka” arab di Eropa.
2. Universitas Al-Azhar : Universitas kedua tertua yang berdiri pada tahun 969. Awalnya berkonsentrasi pada kuliah agama, yang kemudian juga mengajar semua bidang ilmu pengetahuan modern. Keberadaan Al-Azhar sebagai sebuah institusi pendidikan terkemuka dan modern,juga mendapatkan pengakuan dari Napoleon Bonaparte. Dalam Pengasingan di St Helena, ia menuliskan catatan harian yang mengungkapkan kekagumannya saat tentaranya ekspansi ke Mesir. Disitu ia menyebut Al-Azhar merupakan tandingan Sorbonne, universitas tertua dan terbaik di daratan Prancis.
3. Universitas Sankore, di Timbuktu, Mali berdiri pada 989 M. Ini dianggap sebagai pusat peradaban Afrika Barat. Pada abad ke-12 saja, mahasiswanya mencapai 25 ribu. Padahal, penduduk Timbuktu saat itu hanya sekitar 100 ribu jiwa. Felix Dubois dalam “Timbuctoo the Mysterious”, menyatakan Sankore telah menerapkan standar yang tinggi bagi calon mahasiswa dan alumninya. Lulusannya saat itu mampu menghasilkan buku-buku yang berkualitas. Buktinya, baru-baru ini di Timbuktu ditemukan lebih dari 1 juta risalah. Selain itu, di kawasan Afrika Barat juga ditemukan tak kurang 20 juta manuskrip. Sejarawan Leo Africanus dalam buku ‘The Description of Africa’ (1526), mengungkap geliat keilmuan di Timbuktu pada abad 16 M. Kisah sukses dan keberhasilan peradaban Islam di Afrika yang ditulis Leo, konon telah membuat masyarakat Eropa terbangun dari jeratan era kegelapan.
4. Nizamiyya : Universitas ini didirikan oleh Khwaja Nizam al-Mulk di abad 8 M di Persia (sekarang Iran). Universitas dengan nama yang sama juga didirikan di Basrah, Irak dan di Nishapur, Amul, Mosul, Heart, Damaskus, Basrah di Syiria. Yang paling terkenal dari semua sekolah Nizamiyya adalah Al-Nizamiyya Baghdad yang berdiri tahun 1065. Universitas ini merupakan universitas dengan model universitas modern pertama yang menandingi Al-Azhar seperti sistem pengajaran, bangunan yang lebih elit, kurikulum, dan jurusan yang lebih banyak.
5. Universitas Bologna : Universitas ini adalah perguruan tinggi pertama di dunia Barat. Berdiri sekitar tahun 1088 di Bologna, Italia, universitas ini memimpin dunia Barat dalam inovasi pendidikan sampai periode antara dua Perang Dunia.
6. Universitas Paris (Sorbonne) : Mulai beroperasi sekitar tahun 1096. Lembaga ini tumbuh di bagian akhir abad 12 di Katedral Notre Dame sebagai korporasi yang berpusat pada bidang seni, kedokteran, hukum, dan teologi.
7. Universitas Oxford : Ini adalah universitas berbahasa Inggris tertua di dunia. Beroperasinya sekitar tahun 1096. Sekolah sempat ditutup sementara dua kali karena gejolak politik. Institusi ini berkembang dengan sangat cepat tahun 1167. Banyak orang-orang terkemuka dunia lulus dari perguruan tinggi.
8. Universitas Montpelier : Berlokasi di Montpelier, Prancis, diprediksi telah ada sejak 1150. Universitas ini pernah diserang saat revolusi Prancis meletus (1793).
9. Universitas Cambridge : Memulai beroperasi pada 1209. Saat ini Cambridge merupakan satu dari 5 universitas terbaik di Eropa. Alumninya banyak yang mendapat hadiah Nobel, sekitar 55 Nobel. Kampus yang memiliki sekitar 150 jurusan ini lebih dari 50% pelajarnya menekuni Teknik Kimia. Universitas ini yakin bahwa bumi ini akan banyak bergantung dengan insinyur teknik kimia.
10. Universitas Salamanca : Terletak di Salamanca, Spanyol, sekolah ini didirikan pada 1218. Salamanca adalah universitas pilihan di Spanyol bagi siswa yang ingin fokus pada studi humaniora dan bahasa.

Rujukan dari Rachel Holtz dan Sumber lain
Disadur dari Buku Tetralogi “The Miracle of Learning ( Keajaiban Belajar )” Karya Yunsirno.

Sumber : https://busbagus.co.id/