6 Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi Saat Baik Untuk Kesehatan

Apotekpurwosarifarma- Perlu Anda ketahui bahwa diketahui bahwa sinar matahari sangat bermanfaat untuk produksi vitamin D yang baik untuk tulang.

Karena itu, harus datang dari luar, misalnya, dalam makanan yang kaya vitamin D, atau di bawah sinar matahari untuk mendapatkan cukup.

Tapi, seperti yang Anda tahu, manfaat sinar matahari bagi tubuh tidak hanya dalam hal ini. Ada 6 manfaat lagi yang bisa anda rasakan untuk tubuh.

Baca juga:

6 Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi Saat Baik Untuk Kesehatan

6 Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi Saat Baik Untuk Kesehatan
6 Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi Saat Baik Untuk Kesehatan

Tidur Lebih Baik

Ternyata manfaat berjemur di pagi hari selama 15 menit dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Dengan sendirinya, berada di bawah sinar matahari dapat merangsang otak, tubuh, dan hormon untuk menentukan kapan waktunya tidur dan mengatur ritme sirkadian, dan juga dapat menyebabkan tubuh mulai tidur di malam hari.

Menyebabkan Perasaan Senang

Ternyata manfaat berjemur di pagi hari juga dapat menimbulkan perasaan bahagia yang disebabkan oleh hormon serotonin (hormon kebahagiaan), dan meningkatkan kadar hormon dopamin dan beta-endorfin, yang berperan penting dalam munculnya perasaan senang, serta mengurangi efek stres.

Selain itu, matahari juga menekan produksi hormon melatonin, yang membuat Anda terlihat lamban dengan mudah.

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Mungkin Anda tidak curiga bahwa salah satu manfaat berjemur di pagi hari dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Senyawa oksida nitrat yang terkandung di lapisan atas kulit, di bawah pengaruh sinar matahari, dapat menyebabkan perluasan pembuluh darah. Kondisi ini menyebabkan masuknya oksida ke dalam aliran darah dan normalisasi tekanan.

Meningkatkan stamina

Manfaat berjemur di pagi hari di tempat pertama adalah bahwa mereka dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Salah satu alasannya, yaitu sel darah putih, bisa meningkat di bawah pengaruh sinar matahari. Kondisi ini membantu mencegah berbagai penyakit dan infeksi dalam tubuh.

Dengan paparan sinar matahari yang cukup, virus juga tidak akan bertahan hidup di dalam tubuh.

Meminimalkan Terjadinya Kanker

Manfaat sinar matahari bagi tubuh juga dapat mengurangi risiko terkena kanker, salah satunya adalah kanker payudara. Karena salah satu penyebab kanker adalah kekurangan vitamin D dalam tubuh.

Mempertahankan fungsi otak yang tepat

Paparan sinar matahari, yang tidak berlebihan, dapat mendukung pertumbuhan sel-sel saraf di hippocampus otak. Fungsi sel saraf ini membantu membentuk, mengatur, dan menyimpan memori.

Tips untuk berjemur yang tepat

Untuk memaksimalkan manfaat berjemur di pagi hari, Anda dapat memanfaatkan beberapa tips, termasuk:

Durasi berjemur adalah 10 hingga 15 menit sehari. Bisa dimulai dari pukul 10.00 hingga 15.00. Tinggal di bawah sinar matahari sampai jam 10 pagi tidak cukup untuk memberi manfaat bagi tubuh.

Ada juga aplikasi untuk pengobatan kanker dini, di mana peserta dapat menerima perlindungan asuransi untuk pengobatan kanker dalam kondisi kritis, 2 (dua) kali batas waktu aplikasi. Ada juga manfaat kematian sebesar 10% dari jumlah yang diasuransikan.

You May Also Like

About the Author: Sopia

Leave a Reply

Your email address will not be published.