8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Mudah

8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Mudah

Apotekpurwosarifarma.co.id – Mata merupakan salah satu indra paling penting, dimana dengan mata yang sehat kita akan lebih nyaman dalam melihat berbagai hal.

Namun karena faktor usia maupun berbagai hal seperti terlalu lama duduk di depan layar komputer, menggunakan smartphone yang berlebihan dan lain-lain, membuat indera penglihatan tersebut menjadi terganggu.

Sebelum hal itu terjadi, sebaiknya jaga fungsi mata agar tetap nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Berikut ini merupakan cara menjaga kesehatan mata yang dapat anda lakukan, untuk selengkapnya simak dibawah ini.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata sangatlah penting, mengingat mata merupakan salah satu indera yang berperan sangat penting, maka dari itu untuk menjaga kesehatan mata anda dapat melakukan cara di bawah ini.

  1. Periksakan mata secara rutin

Melakukan pemeriksaan mata secara rutin baik lansia maupun anak-anak sangatlah penting, bahkan dianjurkan untuk memeriksakan mata 2 tahun sekali, dan lansia setiap 1 tahun sekali.

Dengan melakukan pemeriksaan mata maka akan terdeteksi masalah pada mata sejak dini, seperti mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan bertambahnya usia, dan penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dll.

2. Perbanyak makan buah dan sayur

Perbanyak makan buah dan sayur dapat menjaga kesehatan mata, seperti sayuran hijau, brokoli, bayam, dan wortel.

Wortel sendiri dipercaya dapat menjaga mata agar tetap sehat, karena dalam wortel terkandung vitamin A dalam bentuk betakaroten (karotenoid) yang dapat menjaga kesehatan mata.

3. Hindari paparan sinar ultraviolet

Hindari mata dari efek berbahaya paparan sinar ultraviolet, karena dapat beresiko mengalami katarak, da juga kanker mata.

Maka dari itu gunakan kacamata hitam dengan lensa yang terpolarisasi agar mata terlindungi dari sinar UVA dan UVB.

4. Hindari memakai softlens selama lebih dari 19 jam

Untuk menjaga kesehatan mata anda sebaiknya hindari memakai softlens atau lensa kontak selama lebih dari 19 jam, karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada mata anda.

5. Hindari mengunakan smartphone atau duduk di depan layar komputer terlalu lama

Menggunakan smartphone atau menatap layar komputer terlalu dapat menyebabkan mata cepat lelah, nyeri leher, sakit kepala, mata kering, pandangan menjadi kabur, nyeri punggung dan juga bahu.

Saat menggunakan smartphone atau komputer sebaiknya alihkan pandangan setiap 20 detik setiap 20 menit sekali dan istirahatkan mata setiap 15 menit setiap 2 jam sekali.

6. Mengurangi penggunaan tetes mata

Penggunaan tetes mata boleh dilakukan, namun sebaiknya kurangi penggunaan tetes mata untup tetap menjaga kesehatan mata. Karena, penggunaan tetes mata yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan mata anda.

7. Melakukan olahraga secara rutin

Malakukan olahraga secara rutin mampu mengurangi resiko penyakit mata dan kehilangan penglihatan yang di akibatkan oleh berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

8. Hindari kebiasaan membaca ditempat gelap

Hindari kebiasaan membaca ditempat yang gelap karena beresiko dapat menurunkan penglihatan, serta jaga jarak antara mata dan buku ketika membaca sekitar 25-30 cm.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai 8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Mudah yang dapat disampaikan, nantikan terus informasi penting seputar kesehatan lainnya, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.