Pendidikan

Bentuk- Bentuk Demokrasi

Bentuk- Bentuk Demokrasi

Bentuk- Bentuk Demokrasi

Bentuk- Bentuk Demokrasi

          Untuk mengetahui bentuk – bentuk dari demokrasi setidaknya dapat di upayakan dengan mengggunakna pendekatan dari berbagai sudut pandang.  Misalnya demokrasi dari sudut pandang “ cara penyaluran “ kehendak rakyat, bentuk demokrasi dapat dibedakan antara lain :

  1. Demokrasi Langsung, yakni rakyat secara langsung mengemukakan kehendaknya di dalam rapat yang di hadiri oleh seluruh rakyat.
  2. Demokrasi perwakilan atau demokrasi representatif, yakni rakyat menyalurkan kehendaknya, dengan  memilih wakil- wakil nya untuk duduk dalam dewan perwakilan rakyat. Pada era modern ini, pada umumnya negara-negara menjalankan demokrasi perwakilan mennegingat jumlah penduduk cendrung bertambah banyak dan wilayah negara semakin luas, sehingga demokrasi langsung sulit untuk d lanksanakan.
  3. Demokrasi perwakilan dengan sistem referendum, yakni gabungan antara demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan. Ini artina, rakyaat memilih wakil – wakil mereka untuk duduk dalam dewan perwakilan rakyat , tetapi dewan itu di kontrol oleh pengaruh rakyat dengan sistem “referendum “ dan “inisiatif rakyat”

2.7.Nilai-Nilai Demokrasi

          Demokrasi, merupakan sesuatu yang dianggap penting karena nilai-nilai yang dikandungnya sangat di perlukan sebagai acuan untuk menata kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik. Demokrasi disini sebagai alat yang dapat digunakan untuk mewujudkan kebaikan bersama, atau masyarakat dan pemerintahan yang baik (good society dan good goverment).

          Penting nya demokrasi di gambarkan  Samuel P. Huntington ( Gunawan, 1997:3) bahwa kecendrungan politik yang paling penting pada akir abad ke-20 adalah dunia yang memasuki “global democratic revulotion “. Kecendrungan revolusi demokrasi secara global di tunjukan Huntington dengan banyaknya negara-negara di Eropa Selatan, America Latin, Eropa Timur, Asia Timur yang meninggalkan pemerintahan otoriter dan menggantinya dengan sistem pemerintahan yang demokratis.

          Indonesia pada era reformasi , juga mengalami proses ini. Menurut Francis Fukuyama ( Gunawan, 1997 :3) menyatakan dunia sekarang sedang menyaksikansuatu proses universalisasi dari demokrasi liberal yang merupakan suatu model terakhir dari bentuk pemerintahan yang di ciptakan manusia. Karena demokrasi liberal ini dinilai paling mampu memenuhi keinginan manusia untuk dihargai martab

sumber :

https://9apps.id/

Similar Posts