BURSA BERJANGKA JAKARTA (BBJ)

BURSA BERJANGKA JAKARTA (BBJ)

BURSA BERJANGKA JAKARTA (BBJ)

BURSA BERJANGKA JAKARTA (BBJ)
BURSA BERJANGKA JAKARTA (BBJ)
P.T. Bursa Berjangka Jakarta, yang biasa disingkat “BBJ”, atau disebut Jakarta Futures Exchange secara resmi didirikan pada tanggal 19 Agustus 1999 di Jakarta (tepatnya di Gedung AEKI), memperoleh izin operasi tanggal 21 November 2000 dan mulai melakukan perdagangan pertamanya sejak tanggal 15 Desember 2000. Fungsi utama BBJ adalah menyediakan fasilitas bagi para anggotanya untuk bertransaksi kontrak berjangka berdasarkan harga yang ditentukan melalui interaksi yang efisien berdasarkan permintaan dan penawaran dalam sistem perdagangan elektronik.
Produk-produk Bursa Berjangka Jakarta
(a) Kontrak Berjangka Emas (GOL)
Satuan kontrak adalah 1 kg (1000 gram) dengan harga rupiah per gram (termasuk PPN). Mutu Emas dengan kualitas kemurnian minimum 99,99% dilengkapi dengan angka seri & stempel dari refineri yang diakui oleh LBMA (bisa dari dalam dan luar negeri). Penyerahan Emas bisa dilaksanakan apabila pihak penjual dan pembeli memiliki jumlah minimal 5 (lima) lot atau kelipatannya. Penyerahan Emas harus dilakukan dalam lot yang terpisah, masing-masing 1 (satu) kilogram berat bersih, dan berat tersebut dicantumkan dalam Surat Bukti Penyimpanan.
(b) Kontrak Berjangka Olein (OLE)
Dasar kontrak adalah olein dengan standar pasar dengan satuan kontrak 20 ton (20.000 kg), harga rupiah per kilogram (termasuk PPN). Mutu: (1) Free Fatty Acids < 0,15% AOCS Method Ca 5a-40, (2) Moisture & Impurities < 0,1% AOCS Method Ca 2b-38, (3) AOCS Method Ca 3a-46, (4) Iodine Value (WIJS) > 56 AOCS Method Cd 1d-92, (5) Color Red (Lovibond 5,25Inch) < 4 Red AOCS Method Cc 13b-45, (6) Slip Melting Point < 24 oC AOCS Method Cc 1-25, dan (7) Cloud Point 10,75 oC. Penyerahan Olein bisa dilaksanakan apabila pihak penjual dan pembeli memiliki jumlah minimal 25 (dua puluh lima) lot atau kelipatannya. Penyerahan Olein harus dilakukan dalam lot yang terpisah, masing-masing 20 (dua puluh) ton, dan berat tersebut dicantumkan dalam DO.
(c) Kontrak Berjangka Gulir Emas (KGE)
Ciri khas kontrak yaitu Kontrak Berjangka yang pada penutupan jam perdagangan, seluruh posisi terbuka akan diperpanjang secara otomatis ke hari perdagangan berikutnya sampai posisi tersebut ditutup. Dasar kontrak adalah Harga Emas pasar fisik Loco London dengan satuan kontrak 1 Kg ( 1000 gram). Penyelesaian akhir adalah apabila kegiatan perdagangan kontrak ini diakhiri, semua posisi yang masih terbuka ditutup dengan Harga Penyelesaian hari itu. Seluruh selisih rugi maupun laba diselesaikan hari itu juga.
(d) Kontrak Gulir Indeks Emas (KIE)
Ciri khas kontrak adalah Kontrak Berjangka yang pada penutupan jam perdagangan, seluruh posisi terbuka akan diperpanjang secara otomatis ke hari perdagangan berikutnya sampai posisi tersebut ditutup. Dasar kontrak adalah indeks yang dihitung dengan cara membagi Harga Penyelesaian Kontrak Gulir Emas di BBJ dengan harga Emas di pasar fisik Loco London. Contract multiplier adalah Rp 10.000,- per angka indeks. Penyelesaian akhir adalah apabila kegiatan perdagangan kontrak ini diakhiri, semua posisi yang masih terbuka ditutup dengan Angka Penyelesaian hari itu. Seluruh selisih rugi maupun laba diselesaikan hari itu juga.
(e) Kontrak Berjangka Emas (GOL 250)
Satuan kontrak adalah 250 gram dengan harga rupiah per gram (termasuk PPN). Mutu adalah Emas dengan kualitas kemurnian minimum 99,99% dilengkapi dengan angka seri & stempel dari refineri yang diakui oleh LBMA (bisa dari dalam dan luar negeri). Penyerahan Emas bisa dilaksanakan apabila pihak penjual dan pembeli memiliki jumlah minimal 4 (empat) lot atau kelipatannya. Penyerahan Emas harus dilakukan dalam lot yang terpisah, masing-masing 1 (satu) kilogram berat bersih, dan berat tersebut dicantumkan dalam Surat Bukti Penyimpanan.
(f) Kontrak Berjangka Olein (OLE 10)
Dasar kontrak olein dengan kualitas standar pasar. Satuan kontrak 10 ton (10.000 kg) dengan harga rupiah per kilogram (termasuk PPN). Penyerahan Olein bisa dilaksanakan apabila pihak penjual dan pembeli memiliki jumlah minimal 50 (lima puluh) lot atau kelipatannya. Penyerahan Olein harus dilakukan dalam lot yang terpisah, masing-masing 10 (sepuluh) ton, dan berat tersebut dicantumkan dalam DO.
(g) Kontrak Berjangka Kakao (CC5)
Satuan kontrak adalah 5 metrik ton (5.000 kg) dengan harga rupiah per kilogram. Mutu adalah mutu Fermentasi sesuai mutu yang ditentukan dalam Standard Nasional Indonesia (SNI) No. 2323-2008 yang dikeluarkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN).
(h) Kontrak Gulir Emas US Dollar (KGEUSD)
Ciri khas kontrak adalah Kontrak Berjangka yang pada penutupan jam perdagangan, seluruh posisi terbuka akan diperpanjang secara otomatis ke hari perdagangan berikutnya sampai posisi tersebut ditutup. Dasar kontrak adalah harga Emas pasar fisik Loco London dengan satuan kontrak adalah 100 troy ounce (3110,35 gram). Penyelesaian akhir adalah apabila kegiatan perdagangan kontrak ini diakhiri, semua posisi yang masih terbuka ditutup dengan Harga Penyelesaian hari itu. Seluruh selisih rugi maupun laba diselesaikan hari itu juga. Dalam hal perhitungan variation margin, beda bunga, angka penyelesaian dan rugi laba yang terjadi dilakukan dalam mata uang USD.
(i) Kontrak Gulir Emas US Dollar (GU1H10)
Ciri khas kontrak adalah Kontrak Berjangka yang pada penutupan jam perdagangan, seluruh posisi terbuka akan diperpanjang secara otomatis ke hari perdagangan berikutnya sampai posisi tersebut ditutup. Dasar kontrak adalah Harga Emas pasar fisik Loco London dengan satuan kontrak adalah 100 troy ounce (3110,35 gram). Penyelesaian akhir adalah apabila kegiatan perdagangan kontrak ini diakhiri, semua posisi yang masih terbuka ditutup dengan Harga Penyelesaian hari itu. Seluruh selisih rugi maupun laba diselesaikan hari itu juga.  Dalam hal perhitungan variation margin, beda bunga, angka penyelesaian dan rugi laba yang terjadi dilakukan dalam mata uang USD dengan fixed rate: Rp.10.000,-.
(j) Kontrak Gulir Mini Emas US Dollar (GU1TF)
Ciri khas kontrak adalah Kontrak Berjangka yang pada penutupan jam perdagangan, seluruh posisi terbuka akan diperpanjang secara otomatis ke hari perdagangan berikutnya sampai posisi tersebut ditutup. Dasar kontrak adalah Harga Emas pasar fisik Loco London dengan satuan kontrak 10 troy ounce (311,035 gram). Penyelesaian akhir adalah apabila kegiatan perdagangan kontrak ini diakhiri, semua posisi yang masih terbuka ditutup dengan Harga Penyelesaian hari itu. Seluruh selisih rugi maupun laba diselesaikan hari itu juga. Dalam hal perhitungan variation margin, beda bunga, angka penyelesaian dan rugi laba yang terjadi dilakukan dalam mata uang USD.