Cara Budidaya Ikan Sidat Air Tawar Bebagai Media Kolam

Cara Budidaya Ikan Sidat Air Tawar Bebagai Media Kolam

Cara Budidaya Ikan Sidat Air Tawar Bebagai Media Kolam

Cara Budidaya Ikan Sidat Air Tawar Bebagai Media Kolam
Cara Budidaya Ikan Sidat Air Tawar Bebagai Media Kolam
Indonesia yaitu negara dengan lokasi perairan yang lebih luas dibanding daratan , lantaran memiliki perairan tiga perempat serta daratan cuma seperempat sisi. Oleh karenanya Indonesia juga di kenal dengan negara maritim. Dengan demikian , Indonesia juga mempunyai bermacam jenis ikan yang hidup di laut ataupun di air tawar , Ikan-ikan itu ada yang dapat dipelihara oleh perorangan , semisal budidaya ikan sidat air tawar. Cara Budidaya ikan sidat ini bakal mempermudah Anda pengagum ikan sidat untuk mengonsumsinya kapanpun dengan di buat kreasi makanan model apa pun. Diluar itu , akan jadi kesempatan besar untuk melakukan bisnis , dikarenakan ikan sidat juga sangatlah laris di pasaran.

Langkah Cara Pembudidayaan Ikan Sidat

Membut Kolam Ikan Sidat

Sebagai langkah awal cara budidaya ikan sidat , Anda butuh bikin kolamnya terlebih dulu. Anda bisa memakai tempat kosong dirumah Anda juga sebagai kolam , baik memakai beton atau memakai terpal. Untuk ukuran kedalaman kolam contohnya 70 cm dengan panjang serta lebar yang disesuaikan. Dengan kedalaman 70 cm itu nanti bakal di isi air cuma 40 cm saja. Pembudidayaan ikan sidat di kolam terpal bisa Anda kerjakan untuk Anda pemula. Walau dengan terpal , ikan sidat bisa hidup dengan baik jika perawatannya juga pas. Air kolam mesti memiliki kandungan cukup oksigen untuk ikan bertahan hidup.

PeralatanYang di Butuhkan

Selanjutnya langkah setelah itu cara budidaya ikan discus air tawar yaitu mempersiapkan alat-alat serta kepentingan , salah satunya yaitu pompa air kolam yang idealnya yaitu 2 buah. Lalu mesin pompa udara juga diperlukan yang ada 12 lubang sejumlah 3 buah saja. Tak lupa selang udara serta batu-batuan pelengkapnya seperti batu aerasi , biball , zeloit , arang. Bikin kolam juga mesti ada filternya. Nah , sesudah kolam jadi , Anda juga diinginkan melaksanakan langkah pendederan serta pembesaran. Pendederan adalah pengenalan benih-benih ikan sidat supaya punya kebiasaan dengan air kolam untuk hidupnya nantinya.

Bagian Pendederan Benih Ikan Sidat

Untuk pendederan sendiri juga terbagi dalam dua bagian. Hal semacam ini dikarenakan benih-benih ikan sidat mesti menyesuaikan dengan lingkungan barunya yang dalam hal semacam ini artinya lingkungan kolam. Saat bagian pendederan 1 telah usai , maka benih ikan bakal semakin besar dari mulanya. Lalu juga sebagai cara budidaya ikan sidat air tawar step pendederan 2 , langkahnya sama juga dengan pendederan 1 supaya diperoleh benih ikan sidat yang beratnya lebih kurang 10 gr untuk setiap ekornya. Sesudah 2 x pendederan usai , jadi setelah itu yaitu pelihara ikan sidat pada kolam Anda , baik memakai kolam beton ataupun kolam terpal.
Untuk ukuran kolamnya telah dibahas diatas. Perlengkapan serta alat-alat kolam dibutuhkan untuk mendukung kesuksesan dalam pemeliharaan , lantaran pemeliharaan serta perawatan ikan sidat yang baik bakal membuahkan ikan yang siap dipanen dengan berat ideal serta dalam jumlah yang cukup. Cara Budidaya ikan sidat air tawar ini tidaklah susah serta bakal jadi kesibukan Anda dirumah juga sebagai aktivitas sampingan. Barokah dari budidaya ikan sidat akan Anda peroleh bila dapat menjualnya juga sebagai pendapatan tambahan. Rata-rata untuk ukuran ikan ideal dapat dihasilkan sesudah pemeliharaan Lebih kurang 5 bulan.