Cara Memancing Ikan Sembilang Dengan Mudah

Cara Memancing Ikan Sembilang Dengan Mudah

Cara Memancing Ikan Sembilang Dengan Mudah

Cara Memancing Ikan Sembilang Dengan Mudah
Cara Memancing Ikan Sembilang Dengan Mudah

Bagaimana cara memancing ikan sembilang yang benar? Ikan sembilang merupakan ikan muara yang termasuk dalam kelompok ikan berkumis (Siluriformes) pada famili Plotosidae. Di indonesia, terdapat 3 jenis ikan sembilang yang sering ditemukan adalah ikan sembilang sungai, ikan sembilang karang, dan ikan gemang. Ikan ini mempunyai sirip ekor, sirip anus, dan sirip punggung kedua.

Habitat alami ikan sembilang terletak di tepi laut, perairan payau di muara sungai, serta perairan di dalam hutan bakau. Sama ibarat ikan lele, ikan ini biasanya berdiam di perairan yang banyak mengandung lumpur. Ikan ini hidup secara berkelompok dengan gerombolan yang besar. Karakteristiknya yang rakus mampu dilihat dari kebiasaan ikan sembilang yang akan memangsa materi makanan apapun di depannya.

Bagaimana cara memancing ikan sembilang yang benar Simak Cara Memancing Ikan Sembilang dengan Mudah Ingin memancing ikan sembilang sendiri? Berikut ini kiat-kiatnya dari :

Umpan Mancing

ikan cupang – Karena ikan sembilang termasuk ikan omnivora yang sangat rakus, tidak diperlukan umpan yang khusus untuk menangkap ikan ini. Beberapa umpan mancing yang kami rekomendasikan antara lain udang, kepiting soka, daging kerang, dan cacing klelet. Untuk umpan udang, Anda mampu memberikannya dalam keadaan hidup atau pun sudah dikupas bab cangkangnya.

Waktu Mancing

Memancing ikan sembilang paling pas dilakukan setelah turun hujan yang cukup deras. Pada waktu tersebut, kondisi air sungai di muara bakal keruh sehingga memicu ikan ini untuk bergerak aktif. Waktu lainnya adalah ketika air pasang akan mengalami surut terutama di pagi hari. Pilih spot yang kira-kira menjadi sarang ikan sembilang ibarat dermaga, akar tanaman, rumpon, karang, jembatan, dan lain-lain.

Teknik Mancing

Karena ikan sembilang biasanya berada di tepi sungai, Anda tidak perlu melempar kail hingga ke tengah. Rangkaian pancing yang dipakai biasanya terdiri atas 2-3 mata kail dengan menggunakan dasaran timah biar posisi kail tetap stabil. Lemparkan hook ke lokasi yang dianggap banyak mengandung ikan sembilang di dalamnya. Hati-hati ketika memegang ikan ini karena patilnya mengandung racun yang mampu menimbulkan Anda mengalami panas dingin.