Cara Mengatasi Gusi Bengkak Paling Ampuh

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Paling Ampuh

Apotekpurwosarifarma – Selain gigi, rupanya gusi juga rentan mengalami masalah, salah satunya yaitu gusi bengkak. Selain sakit yang di derita, gusi bengkak juga kerap kali mengganggu aktivitas sehari-hari.

Umumnya gusi bengkak di sebabkan oleh beberapa hal seperti menyikat gigi terlalu keras, Gingivitis atau penyakit penyebab gusi iritasi meradang dan bengkak yang disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk, periodontitis, baru pasang kawat gigi, kehamilan, sariawan, terjadi infeksi, kekurangan vitamin, efek obat kemoterapi, merokok, dan perubahan hormon pada wanita.

Infeksi yang terjadi pada gusi biasanya menyebabkan bengkak dan menimbulkan rasa sakit, hingga menyebabkan bau mulut dan benjolan bernanah pada gusi bengkak.

Berikut dibawah ini merupakan cara mengatasi gusi bengkak paling ampuh secara alami yang dapat meredakan nyeri dan mengempeskan gusi yang bengkak. Simak selengkapnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

Kompres Menggunakan Air Hangat atau Es

Ketika gusi bengkak disertai dengan rasa nyeri dan berdenyut, maka kompreslah dengan menggunakan air hangat. Sementara, untuk mengatasi gusi bengkak yang tidak disertai nyeri atau berdengut, kompreslah dengan menggunakan es batu.

Kumur Air Garam

Selain untuk mengobati sakit gigi dan nyeri tenggorokan, garam juga sangat ampuh untuk mengatasi gusi bengkak, cukup dengan menggunakan satu sendok garam kemudian larutkan dengan segelas air hangat, lalu gunakanlah untuk berkumur 3 kali dalam sehari.

Oleskan Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh dapat mengatasi gusi bengkak karena dapat menghilangkan bakteri yang ada dalam mulut, caranya cukup dengan menumbuk belimbing wuluh yang belum matang, lalu oleskan pada bagian gusi bengkak.

Gunakan Bawang Merah

Bawang merah mengandung antiseptik alami yang dapat membasmi kuman dan mengatasi gusi bengkak, caranya tumbuk 1 siung bawang merah dengan menambahkan 1 sendok teh garam, lalu tempelkan pada gusi bengkak.

Gunakan Bawang Putih

Selain menggunakan bawang merah, rupanya bawang putih juga dapat di gunakan untuk mengatasi gusi bengkak, caranya siapkan 1 siung bawang putih lalu tambahkan 1 sendok garam, kemudian tempelkan pada gusi yang sakit.

Oles Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh dipercaya dapat mengurangi peradangan, dengan mengoleskan minyak cengkeh pada gusi bengkak, atau berkumur dengan air yang sudah di beri tetesan minyak cengkeh mampu membuat gusi Anda menjadi lebih baik.

Oles Menggunakan Madu Alami

Oleskan madu pada gusi yang terasa sakit, lakukan hingga 3 kali dalam sehari hingga meredakan gusi bengkak, pastikan madu yang Anda gunakan benar-benar alami.

Menggunakan Asam Jawa

Biji asam jawa dipercaya dapat mengatasi gusi bengkak dan sakit, karena terdapat kandungan antiseptik di dalamnya, caranya sangat mudah cukup dengan menyangrai biji asam jawa, lalu tempelkan pada gusi yang terasa sakit.

Berkumur Menggunakan Perasan Jahe

Kandungan antibakteri pada jahe dapat mengatasi gusi bengkak dan nyeri, gunakan air perasan jahe untuk berkumur.

Penutup

Nah, itulah beberapa Cara Mengatasi Gusi Bengkak Paling Ampuh yang dapat Admin sampaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *