Cara Mengatasi Insomnia Dengan Mudah

Cara Mengatasi Insomnia Dengan Mudah

Apotekpurwosarifarma.co.id – Insomnia merupakan salah satu jenis gangguan tidur yang cukup mengganggu. Dimana penderitanya akan mengalami kesulitan untuk tidur, tetap tertidur, atau bisa jadi keduanya.

Orang yang memiliki insomnia biasanya akan merasa tidak segar ketika bangun tidur, hal itu dapat menyebabkan seseorang meresa kelelahan dan gejala mengganggu lainnya.

Insomnia biasanya terjadi minimal tiga malam dalam satu minggu selama 3 bulan. Insomnia menciptakan stres yang bersifat negatif atau kesulitan fungsional dalam aktivitas sehari-hari.

Banyak sekali orang yang mencari cara untuk mengatasi insomnia yang di derita, lalu bagaimana cara mengatasi insomnia dengan mudah? Simak selengkapnya dibawah ini.

Tips Mengatasi Insomnia

Berikut ini merupakan cara mengatasi insomnia yang dapat Anda lakukan dengan mudah, diantaranya yaitu:

1. Pertahankan jam tidur yang teratur

Tidurlah pada waktu yang sama setiap malam untuk melatih tubuh agar dapat tidur pada waktu yang tepat, tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya dapat membantu memprogram tubuh untuk tidur lebih nyenyak.

2. Pastikan tempat tidur Anda nyaman

Tempat tidur yang nyaman juga dapat mempengaruhi tidur Anda, gunakan pencahayaan yang tidak terlalu terang agar Anda bisa tidur dengan nyaman.

3. Kurangi Konsumsi Kafein

Kurangi mengkonsumsi kafein seperti teh, kopi, dan minum mengandung kafein lainnya, karena kafein dapat mengganggu proses tidur dan membuat Anda kesulitan untuk tidur, sebaiknya minumlah susu atau teh herbal untuk membuat Anda segera tidur lebih cepat.

4. Olah Raga secara rutin

Olah raga rutin seperti berjalan, atau berenang dapat membantu mengatasi masalah insomnia Anda, namun pastikan Anda tidak melakukan olah raga berat ketika akan menjelang tidur, karena dapat membuat Anda tidak bisa tidur.

5. Rileks

Sebelum tidur sebaiknya cobalah mandi air hangat atau mendengarkan musik untuk menenangkan pikiran dan tubuh Anda.

6. Jangan makan atau minum sebelum tidur

Makan sebelum tidur sebaiknya perlu di hindari, karena dapat mengaktifkan sistem pencernaan dan membuat Anda tidak dapat tidur dengan nyenyak. Apalagi jika Anda menderita asam lambung tinggi karena dapat memperburuk gejala Anda.

Sementara minum sebelum tidur dapat membebani kandung kemih, sehingga membuat Anda lebih ingin sering buang air kecil.

7. Batasi Tidur Siang

Batasi tidur siang Anda, karena dapat mempengaruhi waktu tidur di malam hari, sehingga hal itulah yang menyebabkan insomnia.

Penutup

Itulah Cara Mengatasi Insomnia Dengan Mudah yang dapat Admin smapaikan, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.