Cara Mengurangi Mata Minus yang Efektif

Cara Mengurangi Mata Minus yang Efektif

Apotekpurwosarifarma.co.id – Mata minus atau rabun jauh dapat menyebabkan anda mengalami kesulitan ketika melihat benda dengan jarak jauh, dalam istilah medis mata minus ini dikenal dengan sebutan miopia.

Mata minus terbagi menjadi 3 bagian, yaitu mata minus rendah (minus 0.5D – minus 3D), minus sedang (minus 3D – minus 6D), dan minus berat (minus diatas 6D).

Gejala mata minus biasanya ditandai dengan kesulitan saat melihat sesuatu dari jarak jauh namun jelas saat melihat jarak dekat, memicingkan mata saat melihat sesuatu, kesulitan melihat saat mengendarai kendaraan, mata terasa tegang, mata terasa lelah, sakit kepala, dan mata sering berkedip.

Jika sudah mengalami beberapa gejala diatas sebaiknya periksakan mata anda, karena kemungkinan telah terjadi kerusakan pada mata anda.

Jika anda mengalami gangguan mata minus, anda harus menggunakan kacamata atau lensa kontak, hal itu bertujuan untuk terapi pada mata anda.

Mengalami mata minus memang sangat mengganggu aktivitas sehari-sehari, maka dari itu pentingnya menjaga mata agar tetap sehat.

Cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Berikut merupakan cara menjaga mata agar tetap sehat dan dapat melihat dengan normal.

  • Makan makanan yang sehat seperti wortel, kuning telur dan juga susu. Konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A sangat berguna bagi kesehatan mata.
  • Gunakan kacamata hitam dengan UV protector untuk tetap menjaga kesehatan mata.
  • Istirahatkan mata ketika sedang bekerja dengan komputer atau saat membaca dalam jangka waktu yang lama.

Berikut ini merupakan cara mengurangi minus pada mata yang efektif.

Menggunakan kacamata atau lensa kontak

Menggunakan kacamata atau lensa kontak merupakan metode paling aman untuk memperbaiki penglihatan pada mata minus.

Selain menggunakan kacamata mata minus atau rabun jauh juga dapat diperbaiki dengan menggunakan lensa kontak.

Cara bekerja lensa kontak juga sama dengan menggunakan kacamata, namun penggunaannya saja yang berbeda, pada lensa kontak penggunanya harus lebih telaten dan selalu dipastikan kebersihannya. Jika tidak hal tersebut malah dapat memperparah keadaan mata.

Operasi

Operasi dapat menjadi pilihan untuk mengurangi minus ketika minus yang dirasa sudah sangat tinggi. Hal itu dilakukan untuk membentuk kembali lengkungan pada kornea mata yang bermasalah.

Namun, terdapat beberapa komplikasi yang mungkin saja dapat terjadi seperti mata kering, penglihatan kabur atau berkabut, luka pada kornea, infeksi mata, muncul lingkaran atau mudah silau saat melihat cahaya, pandangan terganggu pada malam hari, hilangnya penglihatan atau kebutaan, tetapi komplikasi ini sangat jarang terjadi.

Namun sebaiknya lakukan pemeriksaan mata untuk dapat melakukan penanganan yang tepat untuk mata anda.

Penutup

Itulah informasi mengenai Cara Mengurangi Mata Minus yang Efektif yang dapat disampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.