Pendidikan

Cara Pembuatan Tape ketan hitam 

Cara Pembuatan Tape ketan hitam :

  1. tahap pertama cuci terlebih dahulu ketan hitam sampai bersih, lalu rendam ketan hitam selama 1 malam
  2. ketika ketan hitam sudah direndam selama 4 jam, lalu cuci ketan putih hingga bersih, dan masukan ketan putih ketempat/baskom yang berisi rendaman ketan hitam, lalu rendam selama 1 malam, tujuan dari pencampuran ketan hitam dan ketan putih itu agar saat dimasak matangnya merata.
  3. Selanjutnya cuci ketan tersebut hingga benar-benart bersih, lalu kukus ketan tersebut menggunakan kukusan dan dandang kukus hingga ketan tersebut setengah matang kira-kira 30 menit dengan menggunakan api besar.
  4. Setelah setengah matang lalu angkatketannya dan masukan ke dalam bakul lalu cuci dengan air secara perlahan, setelah dicuci hingga benar-benar bersih lalu tiriskan sampai airnya benar-benar tidak ada lagi yang menetes.
  5. Bila airnya sudah tidak menetes lagi, lalu kukus kembali sampai benar-benar matang, kira-kira selama tiga puluh menit dengan menggunakan api yang besar.
  6. Bila sudah matang lalu diangkat dan diletakkan diatas tampian, lalu ratakan ketannya menggunakan sinduk kayu, setelah itu dinginkan ketan tersebut hingga benar-benar dingin.
  7. Setelah dingin ambil 1½ bulatan ragi tapai lalu haluskan menggunakan sendok, lalu taburkan ragi tersebut kepermukaan tapai tunggu selama 3 menit lalu masukkan kedalam toples dan ttup toplesnya dengan rapat, diamkan selama 3 hari.
  8. Setelah 3 hari ketan yang diberi ragi tersebut akan berubah, rasa dan bentuknya. setelah itu tapai dapat dinikmati.

 

Sumber :

https://belinda-carlisle.com/huawei-tegaskan-akan-ekspansi-ke-pasar-amerika-serikat/

Similar Posts