Cara Ternak Kenari Kandang Dan Harganya

Cara Ternak Kenari Kandang Dan Harganya

Cara Ternak Kenari Kandang Dan Harganya

Cara Ternak Kenari Kandang Dan Harganya
Cara Ternak Kenari Kandang Dan Harganya

Sekarang ini didaerah tempat tinggal admin lagi ngetrend memelihara burung, dan banyak juga teman-teman admin sendiri yang memelihara burung, entah itu murai batu atau cucak ijo. Kalo kita amati memang memelihara burung itu suatu yang menyenangkan, disaat kita sedang jenuh atau merasakan kepenatan, kita dapat memandangi burung yang kita punya untuk merefresh sejenak pikiran kita.

Ternak kenari

Salah satu jenis burung yang banyak juga peminatnya adalah kenari. Ciri-ciri unik burung kenari adalah bertubuh kecil tetapi imut. Memang menyenangkan memandang burung ini sob, admin juga senang jika melihat burung ini. Buat sobat pembaca yang berniat untuk beternak kenari, berikut ini informasi selengkapnya, selamat membaca.

Usia Kenari

Usia menjadi factor penentu berhasil atau tidaknya dalam beternak kenari, usia yang terbaik dalam beternak adalah jangan terlalu muda atau jangan terlalu tua. Kenari siap ternak minimal 6 bulan untuk kenari betina dan 8 bulan untuk kenari jantan, tetapi untuk kenari besar seperti Yorkshire dan turunannya sedikit lambat birahi minimal usia 1 tahun.

Jenis kelamin

Anda sebagai peternak harus menguasai ciri-ciri kenari jantan atau betina, dalam menentukan jenis kelamin kenari cukup sulit bagi pemula tetapi bagi hobis senior sangat mudah menentukannya mereka cukup melihat dari postur tubuh kenari walaupun dalam kasus tertentu Kadang-kadang ada kenari yang sangat sulit ditentukan jenis kelaminnya.

Adapun cirinya yaitu :

  • Kenari jantan diusia muda ± umur 1.5 keatas sudah mulai belajar bunyi / ngriwik. Ukuan tubuh / bodi jantan cenderung ramping (memanjang), leher agak panjang, jika betina bodi kelihatan agak bulat.
  • Anus jantan bila dilihat ( dengan cara ditiup agar bulu disekitar tidak menghalangi) menonjol tegak lurus /vertikal, jika betina sebaliknya / horisontal. Jantan dewasa berbunyi nyaring dan nge roll.

Sarana Penunjang dalam beternak

Kadang-kadang kita dalam beternak tidak terlalu memperhatikan hal-hal kecil seperti posisi kandang ternak kenari, lingkungan kandang ternak dan saran penunjangnya. Jika hal-hal tersebut kurang diperhatikan akan mengakibatkan kekesalan di kemudian hari. Contohnya pada saat penempatan kandang ternak kita tidak memperhatikan feng shui (he..he.. maaf becanda) lingkungan di sekitar kandang ternak. Penempatan yang terbaik yaitu sangkar atau kandang ternak menempel ke dinding disamping kiri dan kanan sangkar ditutup. Sangkar ternak di tempatkan di daerah yang bebas dari gangguan serangga atau binatang lainnya seperti tikus, cicak dll.

Untuk menghindari dari serangan serangga seperti semut daerah sekeliling sangkar yang menempek ke tembok di kelilingi dengan kapur bagus (kapur ajaib). Jika kandang ternak besar menggunakan kaki maka kaki-kakinya diolesi oli. Sedangkan pengganggu utama selain semut yaitu tikus, tikus sebetulnya hanya mengambil makanan kenari hanya kalau melihat kenari lengah ya di hajar juga dan kejadian ini sering sekali dialami oleh hobis. Dengan penempatan sangkar di dinding diharapkan bisa meminimalkan serangan tikus hanya kadang-kadang tikus juga pintar mencari celah untuk itu anda harus hati-hati dalam penempatan kandang yang terbaik menggunakan kandang aluminium.

Sumber: https://www.duniabudidaya.co.id