Contoh Proposal Kegiatan Umum

Contoh Proposal Kegiatan Umum

Contoh Proposal Kegiatan Umum

Contoh Proposal Kegiatan Umum
Contoh Proposal Kegiatan Umum

I.  DASAR PEMIKIRAN

Proses belajar-mengajar yang dicanangkan oleh pemerintah dan tertuang dalam  kurikulum tentunya tidak diartikan secara tekstual belaka, yaitu hanya dalam bentuk penyampaian dari narasumber dalam hal ini guru sebagai pengajar kepada siswa sebagai subjek yang diajar, secara kontinyu atau berkala melalui metode lisan maupun tulisan dengan menggunakan berbagai sumber belajar.

Namun, proses belajar juga meliputi proses pengamatan langsung kepada objek-objek yang berkaitan dengan bahan pangajaran yang dapat dilihat atau ditemui langsung oleh siswa. Sebab, pada dasarnya belajar adalah contoh teks ulasan mempelajari hal-hal yang bersumber dari lingkungan sekitar yang diformulasikan menjadi teori dan bidang-bidang ilmu.

Sementara tujuan pembelajaran sendiri adalah selain memberi pemahaman dan keterampilan juga menanamkan pengalaman-pengalaman yang berarti dan dapat dijadikan dasar pemikiran serta  perilaku baik di masa sekarang maupun yang akan datang bagi siswa didiknya.

Untuk mencapai pengalaman belajar yang  mengesankan, tentunya siswa juga diajak untuk melihat dan berinteraksi langsung dengan objek-objek yang  menjadi  salah  satu bagian bahan ajar yang mereka pelajari di sekolah, tidak melulu hanya melihat di buku pelajaran.

Dalam hal ini, sesekali siswa diajak berpergian untuk meneliti dan mengamati sesuatu sesuai dengan pelajaran yang dipelajari sambil berwisata.

Salah satu program sekolah khususnya SMP Negeri 22 yang merupakan kegiatan rutin OSIS ialah Kegiatan Studi Tour atau Studi Wisata. Kegiatan yang membawa siswa-siswi khususnya kelas tujuh atau kelas delapan ke sebuah objek wisata yang berkaitan dengan mata pelajaran tertentu.

Untuk tahun pelajaran 2006/ 2007, SMP Negeri 22 hanya mengadakan studi tour untuk kelas delapan dan bersifat perwakilannya saja.

II. TUJUAN KEGIATAN

  1. Memperkenalkan siswa kepada objek wisata tertentu yang berkaitan dengan bidang ilmu tertentu
  2. Mengajak siswa mengamati dan meneliti objek wisata yang dimaksud, yaitu Sumber Air Panas Ciater
  3. Melakukan proses belajar-mengajar melalui metode langsung berupa pengamatan  langsung terhadap objek atau sumber belajar
  4. Menciptakan kondisi dan nuansa belajar yang lain dari yang biasanya berlangsung di sekolah
  5. Mengajarkan siswa untuk berinteraksi langsung pada lingkungan sebagai sumber belajar
  6. Membawa siswa dan guru untuk berekreasi sambil mencari ilmu

 

III. PELAKSANAAN KEGIATAN

Kegiatan  “Studi Tour/Studi Wisata” dilaksanakan pada;

Hari, tanggal          :  Kamis, 23 November 2006
Tujuan                    :  Ciater, Subang, Bandung
Waktu berangkat    :  Pukul. 07.00 dari sekolah

IV. PESERTA KEGIATAN

Peserta kegiatan terdiri atas siswa-siswi perwakilan kelas VIII masing-masing berjumlah lima orang ditambah oleh perwakilan dari Eks-kul OSIS SMP Negeri 22 sebanyak masing masing satu orang. Selain  itu, juga pengurus panitia terdiri atas pejabat sekolah Pembina OSIS atau Eks-kul yang ditunjuk serta para wali kelas VIII.

V. SUSUNAN KEPANITIAAN

( TERLAMPIR )

VI. ANGGARAN BIAYA

( TERLAMPIR )

VII. JADWAL KEGIATAN

( TERLAMPIR )

VIII. PENUTUP

Demikianlah proposal kegiatan Studi Tour atau Studi Wisata siswa- siswi kelas VIII SMP Negeri 22 Jakarta. Semoga  pelaksanaan kegiatan yang dimaksud dapat berjalan dengan baik dan lancar dan mencapai tujuan yang diharapkan. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini.

Jakarta, 20 Nopember

 

PANITIA KEGIATAN STUDI TOUR
SMP NEGERI 22 TAHUN PELAJARAN 2006/2007
          KETUA,                                                                        SEKRETARIS,
  Ttd.                                                                                   Ttd.
NELSON SIAHAAN, S.Pd.                                       DRS.TRI WAHYU P.
     NIP. 131 580 140                                                    NIP. 130 215 804
MENGETAHUI,
    KEPALA SMP NEGERI 22,
Ttd.
     DRS. D. SUBAGJO, M.Pd.
NIP. 130 804 882