Definisi Ahlus Sunnah Wal Jama’ah

Definisi Ahlus Sunnah Wal Jama'ah

Definisi Ahlus Sunnah Wal Jama’ah

Definisi Ahlus Sunnah Wal Jama'ah
Definisi Ahlus Sunnah Wal Jama’ah

Definisi Ahlus Sunnah Wal Jama’ah »

Pada kesempatan kali ini Blog mMn | Membahas Seputar Jilbab dan Hukum Islam ingin sekali berbagi mengenai Pengertian Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, karena menurut saya masih sangat banyak yang belum mengerti atau belum faham apa itu Ahlus Sunnah Wal Jama’ah dan ini suatu kesempatan saya berbagi pengetahuan meskipun sedikit asalkan bermanfaat untuk semua ummat dan sahabatku.

Mari kita langsung saja ke pembahasan mengenai Definisi Ahlus Sunnah Wal Jama’ah di bawa ini :

Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah atau Ahlus-Sunnah wal Jama’ah (Bahasa Arab : أهل السنة والجماعة) atau lebih sering disingkat Ahlul-Sunnah (bahasa Arab : أهل السنة) atau Sunni adalah mereka yang senantiasa tegak di atas Islam berdasarkan Al Qur’an dan hadits yang shahih dengan pemahaman para sahabat, tabi’in, dan tabi’ut tabi’in. Sekitar 90% umat Muslim sedunia merupakan kaum Sunni, dan 10% menganut aliran Syi’ah.

Terminologi »

Ahlus Sunnah adalah orang-orang yang mengikuti sunnah dan berpegang teguh dengannya dalam seluruh perkara yang Rasulullah berada di atasnya dan juga para sahabatnya. Oleh karena itu Ahlus Sunnah yang sebenarnya adalah para sahabat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam dan orang- orang yang mengikuti mereka sampai hari kiamat.

Pengertian Ahlus Sunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) » Bisa difahami bahwa definisi Ahlussunnah wa Al jamaah ada dua bagian yaitu : definisi secara umum dan definisi secara khusus.

» Definisi Aswaja secara umum

adalah : satu kelompok atau golongan yang senantiasa komitmen mengikuti sunnah Nabi SAW. dan Thoriqoh para shabatnya dalam hal aqidah, amaliyah fisik ( fiqih) dan hakikat ( Tasawwuf dan Akhlaq ).

»Definisi Aswaja secara khusus

adalah : Golongan yang mempunyai I’tikad / keyakinan yang searah dengan keyakinan jamaah Asya’iroh dan Maturidiyah.
Meskipun artikel ini sangat singkat (sudah saya rangkum) tetapi saya harap anda sudah mengerti apa yang dinamakan Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Demikian artikel ini mengenai Pengertian Ahlus Sunnah Wal Jama’ah semoga bisa membantu anda yang masih belum faham apa yang dinamakan Definisi Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. terima kasih.

Sumber: https://www.dutadakwah.co.id/