Definisi Pemasaran

Definisi Pemasaran

Definisi Pemasaran

Definisi Pemasaran
Definisi Pemasaran
  1. Pemasaran
  2. Definisi Pemasaran

Definisi pemasaran menurut Kotler (1997: 8) adalah “Suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.”

Menurut Peter Drucker (dalam Kotler 1997: 1) “Pemasaran adalah keseluruhan bisnis yang dilihat dari hasil akhirnya, yaitu dari sudut pandang pelanggan…Keberhasilan usaha tidak ditentukan oleh produsen melainkan oleh pelanggan”.

Dari beberapa definisi di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa pemasaran meliputi kegiatan usaha yang merupakan proses sosial dan manajerial berorientasi konsumen untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

  1. Konsep Pemasaran

Menurut Kotler (1997: 17) “konsep pemasaran menyatakan bahwa kunci untuk meraih tujuan organisasi adalah menjadi efektif daripada para pesaing dalam memadukan kegiatan pemasaran guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran”. Konsep pemasaran menerangkan kunci sukses memperoleh laba optimal adalah menjadi lebih baik dari pesaing dalam memadukan kegiatan pemasaran untuk memenuhi dan memuaskan konsumen. Menurut Philip Kotler (1997: 18) “konsep pemasaran bersandar pada empat pilar: pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran terpadu, dan profitabilitas”. Konsep pemasaran memandang dari luar yaitu kebutuhan pelanggan kemudian ke dalam yang berupa kegiatan perusahaan untuk memengaruhi dan memuaskan pelanggan.

  1. Strategi Pemasaran

Menurut John Scully dalam Kotler (1997: 56) mendefinisikan “strategi pemasaran sebagai serangkaian kegiatan terpadu yang menciptakan keunggulan kompetitif dan berkesinambungan”. Menurut Marwan Asri (1991: 30) “strategi pemasaran adalah wujud rencana yang terarah di bidang pemasaran, untuk memperoleh suatu hasil yang optimal”.

Pemasaran strategis tidak terlepas dari perencanaan strategis yang berorientasi pasar yang dibuat untuk mengembangkan dan menjaga segala sumber daya dan tujuan perusahaan sesuai dengan pasar yang sering berubah dengan membentuk dan menyempurnakan usaha dan produk perusahaan sesuai selera pasar. Strategi pemasaran dapat membangun keunggulan bersaing dengan mengkombinasikan berbagai strategi untuk memengaruhi konsumen dan bisnis, agar menjadi suatu kumpulan kegiatan yang berfokus pada pasar terpadu.

Implementasi kegiatan pemasaran adalah strategi yang berorientasi pada terbentuknya tindakan pasar. Tindakan pasar dalam hal ini adalah tindakan ekonomi yang dilakukan oleh konsumen. Secara lebih khusus tindakan ekonomi di sini lebih dititik beratkan pada tindakan pembelian.

Sumber : https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/seva-mobil-bekas/