Pendidikan

Deviasi individual

Deviasi individual

Deviasi individual

yaitu disebabkan oleh konflik-konflik yang sangat dalam atau berasal dari konflik yang ditimbulkan oleh identifikasi-identifikasi yang bertentangan satu sama lain.

Deviasi individu ini antara lain ialah:

Anak-anak luar biasa, penemu-penemu,genius-genius,fanatisi,idiot savan atau genius yang bersifat idiot,dan pada dasarnya sudah memiliki predisposisi-predisposisi dan kecendrungan-kecendrungan yang menyimpang,baik secara biologis maupun psikis.

  1. Deviasi situasional

Deviasi ini disebabkan oleh pengaruh bermacam-macam kekuatan situasional/sosial di luar individu,atau oleh pengaruh situasi dalam  bersangkutan menjadi bagian internal daripadanya. Situasi ini yang memberikan pengaruh yang memaksa,sehingga individu tersebut terpaksa harus melanggar peraturan dan norma-norma umum atau hukum formal.

Contoh: Gadis yang memilih melakukan pekerjaan WTS,menjadi Wanita Tuna Susila disebabkan rasa tidak puas karena pekerjaan yang lalu,karena upahnya tidak mencukupi untuk membeli perhiasan dan pakain mahal.

Situasi sosial yang eksternal yang memberikan tekanan-tekanan,serta paksaan-paksaan tertentu,dan mengalahkan faktor internal, sehingga memunculkan deviasi situasional,dalam hal ini Ruang dan Waktu merupakan dimensi-dimensi pokok dari situasi sosial, yang dapat memberi pengaruh menekan dan memaksa kepada individu.

 

Sumber :

https://kaosfullprint.co.id/

Similar Posts