Pendidikan

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Nasabah

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Nasabah

Mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku pembeli sangatlah penting. Untuk itu faktor tersebut dapat dilihat dari bagan di bawah ini:

  1. Faktor lingkungan, seperti tingkat permintaan nasabah, keadaan ekonomi, biaya uaung, tingkay perubahan teknlogi, perkembangan politik, undang-undang, perkembangan persaingan.
  2. Faktor organisasi, seperti tujuan organisasi, kebijakan, prosedur, struktur organisasi, dan sistem.
  3. Faktor anatar individu, wewenang, status, empati, persuasi.
  4. Faktor individu, seperti umur, gaji, pendidikan, jabatan, kepribadian, sikap terhadap resiko.

BAB III

PENUTUP


  1. Kesimpulan

Analisis Pasar adalah suatu penganalisaan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah pasar. Analisis pasar akan menyangkut lokasi pasar, luasnya pasar, sifatnya pasar dan karakteristik pasar.Tingkat frekuensi para konsumen atau para pembeli dalam membeli suatu barang ditandai dengan sering tidaknya membeli barang dan tergantung pada tingkat konsumsi barang.

Perilaku nasabah menurut Bagozzi dan Zaltman adalah tindakan, proses, dan hubungan sosial yang ditampilkan oleh individu, kelompok, dan organisasi dalam mendapatkan suatu produk sebagai suatu akibat dari pengalamannya dengan produk, pelayanan, dan sumber-sumbernya. Perilaku nasabah menurut Jonh Mowen adalah studi tentang unit pembelian dan proses pertukaran yang dilibatkan dalam mendapat, mengonsumsi, dan mengelola barang, jasa, pengalaman, dan ide.

Titik tolak memahami pembeli adalah model rangsangan –tanggapan seperti yang diperhatikan gambar di atas. Rangsangan pemasaran dan lingkungan masuk kedalam lingkungan pembeli. Karakter dan proses pengambilan keputusan pembeli menghasilkan keputusan pembeli tertentu. Tugas menejer adalah memahami apa yang terjadi dalam kesadaran pembeli antara datangnya stimulus luar dan keputusan pembeli.

  1. Saran

Demikian makalah yang dapat kami sampaikan, kami menyadari masih banyak kekurangan dalam hal penulisan maupun isi makalah. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun kami harapkan demi kesempurnaan penulisan makalah selanjutnya yang lebih baik. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita. Amin.

baca juga

 

Similar Posts