Pendidikan

FUNGSI BANK PENGKREDITAN RAKYAT

FUNGSI BANK PENGKREDITAN RAKYAT

Keberadaan Bank Pengkrditan Rakyat dari sisi kepentingan pemerintah antara lain:

  1. memberi pelayanan perbankan kepada masyarakat yang sulit atau tidak mimiliki akses ke bank umum
  2. membantu pemerintah mendidik masyarakat dalam memahami pola nasional agar akselerasi pembangunan di sektor pedesaan dapatlebih dipercepat
  3. menciptakan pemerataan kesempatan berusaha terutama bagi masyarakat pedesaan
  4. mendidik dan mempercepat pemahan masyarakat terhadap pemanfaatan lembaga keuangan formal sehingga terhindar dari jeratan terakhir
  5. BANK PENGKREDITAN RAKYAT PASCAUUNO. 7 TAHUN 1992

Lahirnya Undang-undang No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan sebagaimana telah dibah dengan Undang-undang No. 10 Tahun 1998, antara lain didasarkan pada pertimbangan bahwa telah terjadi perkembangan dalam perekonomian nasional dan semakin gencarnya tantangan dalam persaingan internasional sehingga perbankan nasional harus benar-benar disiapkan untuk menghadapi situasi lingkungan persaingan global. Dengan adanya undang-undang perbankan ini, pemerintah dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Menata kembali struktur kelembagaan sektor perbankan dengan memberikan keleluasaan dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga intermediasi.
  2. Memberi kesempatan kepada sektor perbankan untuk memperluas jangkauan pelyanannya baik pelayanan perbankan umum yang menjangkau semua lapisan masyarakat maupun pelayanan perbankan yang berkonsentrasi pada sektor ekonomi berskala kecil atau usaha lemah terutama diwilayah pedesaan.
  3. Memperkuat landasan hukum terhadap pengaturan, pengawasan dan pembinaan perbankan.

Atas pertimbangan tersebut diatas, maka dalam UU No. 7 tahumn 1992 dilakukan penyederhanaan sistem perbankan dengan melakukan penggolongan bank kedalam dua jenis saja, yaitu Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat. Pengaturan operasional BPR lebih lanjut ditetapkan dalam peraturan Bank Indonesia No.6/22/PBI/2004 tanggal 9 Agustus 2004 tentang Bank Perkreditan Rakyat.

sumber :

Pos-pos Terbaru

Similar Posts