Gali Potensi Pengusaha Muda, ITS Launching IYT

Gali Potensi Pengusaha Muda, ITS Launching IYT

Gali Potensi Pengusaha Muda, ITS Launching IYT

Gali Potensi Pengusaha Muda, ITS Launching IYT
Gali Potensi Pengusaha Muda, ITS Launching IYT

Untuk menjaring para mahasiswa yang berpotensi menjadi pengusaha, Institut Teknologi

Sepuluh Nopember (ITS) menggelar kompetisi bisnis ITS Youth Technopreneurship (IYT) bagi mahasiswa ITS. Kompetisi yang diselenggarakan ITS bersama Ikatan Alumni (IKA) ITS Pengurus Wilayah (PW) Jawa Timur dan PT Satu Atap tersebut di-launching secara resmi oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng di Gedung Rektorat ITS, Kamis (2/5).

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua IKA ITS PW Jawa Timur Ir Wahid Wahyudi dan owner PT Satu Atap, yakni Ahmed Tessario dan Nuryadi. Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama antara ITS dengan IKA ITS PW Jawa Timur. Kerja sama ini juga berkaitan dengan pencarian mahasiswa yang mempunyai jiwa pengusaha muda dalam lomba IYT tersebut.

Dalam sambutannya, rektor yang akrab disapa Ashari ini mengatakan, di kampus ITS

bidang technopreneurship dikelola oleh dua lembaga. Yakni Subdirektorat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Mahasiswa (PK2M) di bawah Direktorat Kemahasiswaan dan Direktorat Inovasi Kerja Sama dan Kealumnian.

Technopreneurship ini diklasifikasikan menjadi empat klaster bidang, yaitu maritim, otomotif, robotik, dan industri kreatif. “Nantinya PK2M dan IKA ITS PW Jatim akan memberi bantuan berupa tools, networking maupun mentoring, sehingga usaha mahasiswa ITS ini dapat berkembang,” jelas guru besar Teknik Elektro ini.

Sementara itu, Wahid Wahyudi mengatakan, hadirnya kompetisi bisnis ini di ITS,

bisa untuk menggali potensi dan ide mahasiswa ITS dalam mengembangkan ide bisnis maupun bisnis yang sudah mereka jalani. “Tentunya dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa dapat lebih berkreasi di dunia bisnis,” ujar alumnus ITS ini.

Nuryadi selaku owner PT Satu Atap menerangkan bahwa proposal bisnis yang dapat dikirim mahasiswa dalam kegiatan ini ditargetkan sebanyak 250 proposal. “Kemudian proposal bisnis tersebut akan diseleksi menjadi 54 tim terpilih, di mana 24 tim untuk kategori junior dan 30 tim untuk kategori senior,” imbuhnya

 

Sumber :

https://my.bankstreet.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/Learning_Through_Collaboration/Student_Papers_and_Projects.jnz?portlet=Student_Discussion&screen=PostView&screenType=change&id=8762e50d-62bf-4c2b-98e4-02bfe7848e1e