Gara-Gara Oncom, Mahasiswa IPB Diganjar Prestasi

Gara-Gara Oncom, Mahasiswa IPB Diganjar Prestasi

Gara-Gara Oncom, Mahasiswa IPB Diganjar Prestasi

Gara-Gara Oncom, Mahasiswa IPB Diganjar Prestasi
Gara-Gara Oncom, Mahasiswa IPB Diganjar Prestasi

Tiga mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) kem­bali menunjukkan prestasinya di kan­cah nasional. Mereka berhasil mere­but juara I dalam ajang Business Plan Competition-Socioentrepreneurship Seminar, Social- Community Festival (S3). Perlombaan ini digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Univer­sitas Indonesia bekerja sama dengan NAMA Foundation.

Ketiga mahasiswa IPB itu adalah Fahri Sinulingga dari Departemen Teknologi Hasil Perairan,

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK). Lalu, Alfurqan Nur Azis dari Depar­temen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian. Terakhir, Syaiful Aziz dari Departemen Silvikultur, Fakultas Ke­hutanan. Ketiganya membawakan tema bisnis ’O’Shake Business: Bisnis Inovasi Minuman dari Bioproduk Fermentasi Oncom dan Buah Tropis Indonesia Guna Meningkatkan Pro­duktivitas Produk Lokal Berbasis So­ciopreneur’.

“Kami membuat rencana bisnis O’Shake. O’Shake adalah produk minuman kese­hatan berbahan ekstrak oncom dan sari buah tropis Indonesia. Yang mena­rik, kami berusaha mengembangkan Desa Citeureup, yaitu Desa Sentra Pro­duksi Tempe dan Oncom serta peng­hasil nanas terbesar di Kabupaten Bo­gor,” bebernya.

Menurut Fahri, kemampuan masy­arakat di Desa Citeureup untuk me­manfaatkan potensi oncom

dan nanas di daerahnya masih rendah. Sehing­ga hal tersebut membuat mereka ter­gerak menjalankan konsep bisnis O’Shake.

Dalam rencana bisnisnya, Fahri dan kawan-kawan melakukan pember­dayaan masyarakat,

seperti pelatihan pembuatan produk minuman O’Shake yang memenuhi prosedur Good Ma­nufacturing Practices (GMP), pelati­han pengemasan dan pengawasan mutu produk dan pendampingan penjualan serta distribusi produk yang lebih luas.

 

Sumber :

https://voi.co.id/