Ikan Discus Jantan dan Betina, Ini Bedanya!

Ikan Discus Jantan dan Betina, Ini Bedanya!

Ikan Discus Jantan dan Betina, Ini Bedanya!

Ikan Discus Jantan dan Betina, Ini Bedanya!
Ikan Discus Jantan dan Betina, Ini Bedanya!

Apakah perbedaan antara ikan discus jantan dan betina? Ikan discus erat dijadikan sebagai ikan hias air tawar oleh para penghobi di Indonesia khususnya. Ikan ini memiliki bentuk yang sangat unik yaitu bulat dan agak pipih. Warnanya juga sangat beragam dan membentuk corak yang khas.

Tidak ibarat ikan nila, jenis kelamin ikan discus lumayan sulit dikenali. Pasalnya karakteristik antara ikan jantan dengan ikan betina hampir mirip. Ukuran badan keduanya pun tidak mempunyai selisih yang mencolok. Namun bila dicermati, kita mampu menentukan jenis kelamin seekor ikan discus dengan melihat ciri-ciri pada umumnya. Apakah perbedaan antara ikan discus jantan dan betina Simak Ikan Discus Jantan dan Betina, Ini Bedanya!

Ikan Discus Jantan

ikan guppy – Kebanyakan ikan discus jantan mempunyai verbal yang berukuran lebih besar dan bibir atasnya tampak menonjol. Bentuk area di sekitar hidungnya pun agak membengkok. Sedangkan sirip dubur ikan jantan biasanya berbentuk lurus, tidak bulat. Identifikasi ikan jantan akan lebih mudah apabila dilakukan ketika ikan tersebut dalam kondisi sedang berahi alasannya yaitu warnanya tampak sangat cerah. Anda juga mampu memperhatikan bentuk alat kelamin ikan discus jantan yaitu runcing. Selain itu, ikan jantan pun mempunyai gerak refleks yang lebih lebih banyak didominasi dibandingkan dengan ikan betina.

Ikan Discus Betina

Ikan discus betina selalu mempunyai verbal yang berukuran agak kecil dengan bibir yang tipis dan simetris. Ikan ini pun memiliki hidung yang berbentuk tidak terlalu bengkok. Begitu pula dengan bentuk kepalanya yang tidak menonjol. Sedangkan bentuk sirip dubur yang dimiliki oleh ikan discus betina ialah bulat dan tidak lurus. Warna ikan betina pun cenderung kusam atau tidak terlalu cerah meskipun dalam kondisi sedang berahi. Sementara itu, ikan discus betina mempunyai alat kelamin yang berbentuk bulat dan lebar.

Selain dengan memperhatikan ciri-ciri fisik di atas, Anda juga mampu membedakan ikan jantan dan ikan betina secara alami. Caranya yaitu membiarkan ikan-ikan discus peliharaan Anda menentukan pasangannya sendiri. Cobalah memelihara beberapa ekor ikan discus di dalam sebuah akuarium, lalu perhatikan tingkah lakunya. Dalam beberapa hari ke depan biasanya setiap ikan akan memilih jodohnya. Pisahkan ikan discus yang telah memiliki pasangan tersebut di akuarium khusus. Ikan discus yang bertelur yaitu ikan betina dan satunya lagi merupakan ikan jantan.