Pendidikan

Iktisar Buah Sejati tunggal yang bergading

Iktisar Buah Sejati tunggal yang bergading

Iktisar Buah Sejati tunggal yang bergading

 

Iktisar Buah Sejati tunggal yang bergading
Iktisar Buah Sejati tunggal yang bergading

Buah yang termasuk golongan ini umumnya tidak pecah jika sudah masak, walaupun ada pula yang jika sudah masak tetap akan pecah misalnya buah pala (Myristica fragrans Houtt). Kita dapat membedakan buah sejati tunggal yang berdaging sebagai berikut :

a. Buah buni (bacca)

Yang dimaksut buah buni adalah buah yang dindingnya mempunya dua lapisan. Yaitu lapisan luar yang tipis agak menjangat atau kaku seperti kulit dan lapisan dalam yang tebal, lunak, berair dan seringkali bisa di makan. Biji-bijinya terdapat bebas dalam bagian yang lunak itu. Buah buni yang berdinding tebal dan dapat dimakan contohnya adalah buah pepaya (Caarica papaya L.) buah belimbing (Averrhoa carambola L.) sawo manila (Archaras zapota L.) dll.

Contoh kulit buahnya yang tidak begitu tebal seringkali memiliki sifat yang agak kaku sperti kulit, tidak lunan dan tidak berdaging, biji terdapat bebas di dalamnya contoh : Buah duku (Lansium domestisum Corr.), buah rambutan (Nephelium lappaceum L.) Dari buah ini yang kita makan bukanlah kulit buah yang sebelah dalam, melainkan salut bijinya (arillus)

b. Buah mentimun (pepo)

Baca Juga: https://www.pendidik.co.id/bagian-bagian-bunga/

c. Buah jeruk (hesperidium)

buah ini dapat pula dianggap sebagai suatu buah bunyi. Kulit buah memiliki tiga lapisan yaitu :
ü Lapisan luar yang kaku menjanggat dan mengandung banyak kelenjar minyak astiri. Lapisan ini disebut sebagai flavedo.
ü Lapisan tengah yang bersifat seperti sepon, terdiri atas jaringan bunga karang yang biasanya berwarna putih, dinamakan albedo.
ü Dan kemudian lapisan dalam yang bersekat-sekat
d. Buah delima, kulit buah yang merupakan lapisan luar kaku seperti kulit atau hampir mengayu, lapisan dalamnya tipis, licin.
e. Buah apel (pomum)

Ø Buah sejati ganda

Menurut sifat masing-masing buah yang berkumpul tadi, buah sejati dapat dibedakan dalam :
a. Buah kurung ganda.
b. Buah batu ganda
c. Buah bumbung ganda
d. Buah buni ganda

Ø Buah sejati majemuk

Buah sejati majemuk berasal dari suatu bunga majemuk, jadi merupakn kumpulan banyak buah yang masing-masing berasal dari satu bunga. Sama halnya dengan yang lainya kita dapat mengolongkan buah majemuk sejati kedalam :
a. Buah buni majemuk, jika bakal buah masing-masing bunga dalam bunga majemuk membentuk suatu buah buni. Seperti halnya pada buah nenas (Ananas comosus Merr.). Pada buah nenas pada pembentukan buah ikut pula mengambil bagian daun-daun pelindung dan daun-daun tenda bunga, sehingga keseluruhnya nampak seperti satu buah saja.
b. Buah batu majemuk
c. Buah kurung majemuk\

Similar Posts