Obat Alami Yang Dapat Meredakan Asam Lambung Tinggi

Apotekpurwosarifarma – Asam lambung ditandai dengan munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan. Biasanya gejala penyakit asam lambung muncul minimal dua kali dalam seminggu dan di alami oleh semua kalangan.

Gejala utama dari asam lambung naik yaitu adanya rasa terbakar pada dada, dan bertambah parah setelah berbaring atau setelah makan.

Biasanya hal tersebut dapat menimbulkan gangguan pada pencernaan lainnya seperti mual dan muntah, maag dan sesak nafas, serta bersendawa, bahkan keluhan lainnya yaitu mulut terasa asam.

Asam lambung tinggi dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti stres, konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan konsumsi makanan pedas. Untuk dapat menurunkan asam lambung tinggi biasanya banyak orang yang kemudian meminum obat.

Namun, sebelum mengkonsumsi obat, sebaiknya gunakan bahan alami untuk mengurangi asam lambung tinggi yang terjadi.

Berikut dibawah ini admin akan sediakan beberapa bahan obat alami yang dapat digunakan untuk menurunkan asam lambung tinggi. Simak selengkapnya dibawah ini.

Bahan Alami Asam Lambung Tinggi

Ketika terjadinya asam lambung naik biasanya penderita merasa tidak nyaman dan merasa sakit, karena rasa nyeri pada ulu hati, dada seperti terbakar, mulut teras asam, serta mual dan muntah.

Asam lambung naik bisa terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Nah, untuk anda yang ingin meredakan asam lambung tinggi, ada beberapa bahan alami yang dapat anda manfaatkan untuk meredakan asam lambung tinggi.

1. Jahe Merah

Jahe merah memiliki efek antiradang (farmakologis antiinflamasi) yang dapat menurunkan kadar asam lambung.

Bahkan jahe merah mengandung gastroprotek yang berperan untuk melawan bakteri jahat yang menyebabkan asam lambung tinggi.

2. Mentimun

Mentimun di percaya dapat meredakan asam lambung tinggi, karena dalam mentimun terkandung banyak vitamin B dan C serta mineral.

Bahkan dalam buah mentimun terdapat saponin, cucurbaticin, isoquercitrin, asam amino, karoten, fosfor, kalsium, hingga enzim pencernaan.

3. Air Kelapa

Air kelapa mengandung kalium yang dapat menjaga keseimbangan PH dalam tubuh, serta dapat mengontrol kadar asam lambung dan mengurangi resiko refluks lambung.

Sihingga sangat baik untuk dikonsumsi penderita asam lambung tinggi.

4. Pala

Pala menjadi salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat seperti mengobati asam lambung, menghentikan mual dan muntah, dll.

Manfaatkan biji pala untuk meredakan asam lambung, karena dalam biji pala terdapat karminatif, stimulan, stomakik, dan antiemakik.

5. Pepaya

Pepaya dipercaya dapat melancarkan pencernaan, namun pepaya juga sangat bermanfaat untuk meredakan asam lambung tinggi.

Karena dalam pepaya terdapat kandungan enzim papain yang dapat melancarkan pencernaan serta meredakan gejala asam lambung.

6. Kunyit

Selain pala, rupanya rempah-rempah lainnya yang dapat meredakan asam lambung yaitu kunyit. Kunyit biasanya dimanfaatkan untuk membuat jamu dan menu masakan yang kaya akan rempah.

Namun ternyata kunyit juga bisa di manfaatkan untuk mengobati asam lambung dengan cara menyeduh 1/2 sendok teh bubuk kunyit dengan air hangat.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai Obat Alami Yang Dapat Meredakan Asam Lambung Tinggi, semoga informasi yang admin sampaikan dapat bermanfaat. Kunjungi artikel admin selanjutnya untuk mengetahui tips kesehatan lainnya.

By Susan

Leave a Reply

Your email address will not be published.