4 Tips Menjaga Stamina Tetap Fit Selama Berpuasa

Apotekpurwosarifarma.co.id – Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang banyak dinantikan umat muslim di seluruh dunia, untuk menjaga stamina tetap fit ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Dimana stamina tetap fit ketika berpuasa merupakan impian setiap muslim agar dapat menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.

Nah, untuk menjaga stamina tetap fit dan menjaga kesehatan tubuh selama bulan puasa, di perlukan beberapa tips yang akan Admin sediakan dibawah ini.

Dengan begitu Anda dapat mengetahui hal apa saja yang perlu di lakukan dan perlu di hindari agar stamina tetap terjaga.

Untuk informasi selengkapnya mari simak pembahasan yang akan Admin sediakan dibawah ini, langsung saja yuk.

Baca Juga: Manfaat Baik Mengkonsumsi Buah Kurma

Tips Menjaga Stamina Tetap Fit Selama Berpuasa

Saat menjalankan puasa di perlukan adanya beberapa perubahan pola makan dan juga tidur selama berpuasa, karena tubuh tidak menerima asupan makanan maupun minuman selama kurang lebih 13 jam, hal itulah yang membuat tubuh perlu beradaptasi agar stamina tetap terjaga dengan baik.

Jika stamina terjaga dengan baik pastinya Anda akan memiliki kekebalan imun dan tidak mudah terserang sakit.

Nah, berikut ini merupakan tips menjaga stamina tetap fit selama berpuasa, diantarany:

1. Atur kebutuhan air dalam tubuh.

Pentingnya menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh dengan cara tetap minum 8 gelas atau 2 liter air putih selama bulan ramadhan, agar terhindar dari dehidrasi dan tetap menjaga stamina serta energi tubuh saat berpuasa.

Minum 1 gelas air setiap sebelum tidur, setelah bangun sahur, selepas sahur, saat berbuka puasa, setelah salat magrib, sehabis makan malam, setelah salat isya, dan setelah salat tarawih.

Baca Juga: Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami

2. Makan Makanan Sehat Saat Berbuka Puasa

Untuk tetap menjaga stamina tetap fit sebaiknya hindari mengonsumsi minuman dingin, makanan manis atau gorengan ketika berbuka puasa.

Sebaiknya makanlah kurma, karena kurma mudah dicerna, dapat mengurangi rasa lapar, dan menghindarkan Anda dari makan berlebih.

Dalam kurma sendiri mengandung gula alami yang dapat meningkatkan energi dalam tubuh, serta pilihlah menu makanan bernutrisi tinggi dengan kandungan karbohidrat, serat, protein, dan lemak sehat.

3. Konsumsi Makanan Bernutri Tinggi Saat Sahur

Mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi saat sahur dapat menjaga stamina tubuh agar tetap fit selama berpuasa.

Konsumsi makanan sehat kaya nutrisi seperti makanan berkarbohidrat kompleks, tinggi serat, dan protein. Misalnya seperti konsumsi gandum, kacang-kacangan, oatmeal, umbi-umbian, nasi, buah-buahan sayuran, daging sapi, daging ayam, ikan dan juga telur.

4. Cukup Istirahat

Istirahat yang cukup dengan mengatur waktu tidur setiap malam selama berpuasa dapat menjaga stamina tetap fit.

Usahakn untuk tidur delapan jam setiap malam dan tidak bergadang, karena ketika tidur tubuh akan mengeluarkan sitokin yang dapat membantu melawan infeksi atau peradangan, serta menurunkan kadar stres Anda.

Baca Juga: Langkah Menuju Pola Hidup Sehat

Penutup

Nah itulah informasi mengenai Tips Menjaga Stamina Tetap Fit Selama Berpuasa yang dapat Admin sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

By Susan

Leave a Reply

Your email address will not be published.