Tips Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa

Apotekpurwosarifarma.co.id – Ramadhan menjadi salah satu bulan yang paling dinantikan umat Islam di seluruh dunia, namun ketika berpuasa Anda juga perlu menjaga kesehatan agar dapat melaksanakan ibadah berpuasa dengan lancar.

Selama berpuasa tubuh perlu nutrisi agar kekebalan serta fungsi tubuh tetap terjaga, maka dari itu diperlukan beberapa tips yang bisa dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga saat berpuasa.

Apalagi ketika berpuasa perubahan pola makan serta tidur menjadi berubah tidak seperti bulan lainnya.

Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui tips apa saja yang dapat menjaga kesehatan tubuh, mari simak selengkapnya dibawah ini.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa

  1. Menjaga Pola Makan dan Minum

Saat waktu berbuka terutama sahur hindari melewatkan waktu makan agar dapat memberi energi yang tahan lama sepanjang hari, sehingga kesehatan tubuh agar tetap terjaga.

Makan-makanan yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin agar tetap fit ketika menjalankan puasa.

Selain itu, minum delapan gelas air setiap hari dapat menghindari dehidrasi tubuh, minumlah dua hingga tiga gelas air sebelum mulai berpuasa.

2. Hindari Makanan Pedas dan Berminyak

Hindari terlalu banyak makan makanan pedas dan berminyak karena dapat meningkatkan kadar asam lambung, rasa terbakar serta perut kembung. Konsumsi makanan kaya serat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Tidak Makan Terburu-buru

Ketika berbuka puasa sebaiknya makanlah secara perlahan dan tidak terburu-buru, karena perut masih dalam keadaan kosong.

Sebelum makan makanan berat sebaiknya konsumsi buah-buahan terlebih dahulu seperti kurma, alpukat, dan buah lainnya.

4. Penuhi Vitamin B Kompleks

Penuhi vitamin B kompleks saat sahur mampu menjaga tingkat energi selama berpuasa, selain itu juga mampu menjaga kesehatan tubuh.

5. Olahraga Ringan

Meskipun berpuasa Anda tetap harus melakukan olahraga agar kesehatan tubuh tetap terjaga, lakukan olahraga ringan dapat membuat kebugaran tubuh tetap terjaga.

6. Hindari Minum Kafein

Minuman seperti kopi, coklat, soda, dan teh dapat menyerap kalsium dalam sistem tubuh, hal itulah yang kemudian dapat menyebabkan rasa kurang kenyang sepanjang waktu.

Sebaiknya hindari konsumsi kafein ketika saat sahur, karena dapat meningkatkan ekskresi garam dalam urin yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.

Penutup

Nah itulah Tips Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa yang dapat Admin sampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.

By Susan

Leave a Reply

Your email address will not be published.