JIKA OTAK ANDA KURANG MAKSIMAL, MUNGKIN INI SEBABNYA

JIKA OTAK ANDA KURANG MAKSIMAL, MUNGKIN INI SEBABNYA

JIKA OTAK ANDA KURANG MAKSIMAL, MUNGKIN INI SEBABNYA

JIKA OTAK ANDA KURANG MAKSIMAL, MUNGKIN INI SEBABNYA
JIKA OTAK ANDA KURANG MAKSIMAL, MUNGKIN INI SEBABNYA

Sebagimana dikutip situs Healthmad, berikut 10 hal yang harus kita minimalisasi agar otak kita tetap cemerlang.
1. Sering tidak sarapan pagi. Jangan sepelekan sarapan. Orang yang tidak sarapan pagi akan memiliki kadar gula yang rendah. Ini akan membuat otak kekurangan gizi yang cukup untuk dipakai belajar. Kurangnya suplai gizi di pagi hari akan membuat kemampuan otak cepat menurun.
2. Makan dengan porsi berlebihan. Sebaliknya jika sering makan (waktu apa saja) secara berlebihan akan mengeraskan pembuluh darah yang ada di otak. Ini akibatnya dapat menurunkan kekuatan mental.
3. Merokok. Merokok memberi banyak kerugian pada manusia. Untuk otak, merokok bisa menyebabkan otak menyusut dan memicu penyakit pikun ( Alzheimer ). Sel-sel saraf akan menyusut pada bagian hippocampus dan korteks depan yang berfungsi menyimpan memori.
4. Konsumsi gula berlebih. Hati-hati juga dengan terlalu banyak makan yang manis-manis atau gula. Ini akan mengganggu proses penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh akan mengalami malnutrisi (kekurangan gizi) dan akhirnya mengganggu perkembangan otak. Jangan biasakan minum yang terlalu manis atau sering sering makan permen.
5. Polusi Udara. Otak adalah penyalur energi terbesar bagi tubuh. Karena itu tak salah jika otak merupakan organ yang paling banyak memerlukan oksigen. Maka menghirup udara yang penuh polusi akan mengurangi suplai oksigen ke otak dan akhirnya mengurangi efisiensi otak dalam bekerja.
6. Kurang tidur. Tidak boleh tidur terlalu banyak dan tidak boleh juga terlalu sedikit. Karena tidur membuat otak beristirahat. Kekurangan tidur secara terus menerus sama saja membunuh sel otak perlahan-lahan karena otak dipaksa tetap on padahal ia sedang butuh istirahat.
7. Menutup kepala saat tidur. Tidur dengan cara demikian akan meningkatkan konsentrasi karbondioksida ke otak. Saat bernafas dengan dengan kepala tertutup, karbondioksida dari hasil bernafas akan masuk kembali ke tubuh dan ini sangat berbahaya.
8. Memaksakan diri kerja saat sakit. Sakit adalah masa tubuh kita melakukan pemulihan atas sesuatu yang tidak beres, dan otak sangat berperan disini. Maka jangan memaksakan otak bekerja terlalu berat. Ini sangat tidak baik dan bisa merusak otak.
9. Jarang bicara. Percakapan akan membantu seseorang untuk terus mengaktifkan sel-sel otaknya, apalagi percakapan yang ilmiah atau ‘agak berat’ bukan percakapan kosong. Orang yang jarang berbicara akan membiarkan banyak sel otaknya mati perlahan-lahan karena tidak pernah mengaktifkannya.
10. Jarang merangsang pikiran. Rangsanglah otak untuk selalu berpikir. Karena ini sangat baik untuk melatih otak. Karena sel-sel otak yang tidak berkembang akan segera mati. Untuk ini kita bisa melakukannya dengan membaca, menulis, diskusi, mendengar ceramah atau pidato, atau mengisi TTS, dan game-game yang bermanfaat.

Sumber : https://vhost.id/