Pendidikan

 Karakteristik Cooperative Learning

 Karakteristik Cooperative Learning

Pada hakekatnya cooperative learning sama dengan kerja kelompok, akan tetapi tidak. Setiap kerja kelompok dikatakan cooperative learning, Bennet (1995) menyatakan ada lima unsur dasar yang dapat membedakan cooperative learning dengan kerja kelompok, antara lain:

1.Positive Independence (saling ketergantungan positif) yaitu hubungan timbal balik yang didasari danya kepentingan yang sama.

2.Personal Responsibility (tanggung jawab perseorangan)yaitu mengenal materi pelajaran dalam anggota kelompok. Sehingga siswa termotivasi untuk membantu temannya membutuhkan keluwesan.

3.Face to Face Promotive Interaction (interaksi promotif) yaitu interaksi yang langsung terjadi antara siswa tanpa adanya perantara.

4.Interpersonal Skill (komunikasi antar anggota) yaitu menciptakan hubungan antar pribadi, mengembangkan kemampuan kelompok dan memelihara hubungan kerja yang efektif.

5.Group Processing (pemrosesan kelompok) yaitu meningkatkan ketrampilan bekerja sama dalam memecahkan masalah

  1. Tujuan Cooperative Learning

Cooperative learning mempunyai tujuan pembelajaran yang penting yang mana dapat di resume oleh ibrahim (2000) yaitu:

  1. Mencapai hasil belajar berupa prestasi akademik yakni meningkatkan nilai siswa pada belajar akademik dan perubahan normal yang berhubungan dengan hasil belajar
  2. Dapat menerima secara luas dari orang yang berbeda berdasarkan ras budaya, kelas sosial, kemampuan dan ketidakmampuannya.
  3. Mengajarkan kepada siswa ketrampilan bekerja sama dan kolaborasi.
  4. Model-model Cooperative learning

Dalam cooperative learning terdapat beberapa model yang di terapkan di antar lain

 

sumber :

Similar Posts