Fashion Kuliner

Kesimpulan

Table of Contents

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa pameran karya seni rupa adalah suatu kegiatan penyajian suatu ungkapan ide/perasaan yang bernilai estetis dan bermakna dari pembuatnya untuk dikomunikasikan/ditampilkan hingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas.

Tujuan dari sebuah pelaksanaan pameran secara umum adalah sebagai sarana hiburan, motivasi, memupuk rasa cinta terhadap kebudayaan daerah dan pengembangan budaya nasional, wujud dari hasil praktik seni rupa, sebagai media dan sarana untuk menunjukan (to show) dan mengembangkan bakat (di bidang seni), serta meningkatkan apresiasi seni pada generasi muda.

Pameran kelas atau sekolah merupakan kegiatan studi untuk menampilkan hasil karya siswa. Menurut jenisnya, pameran dapat digolongkan menjadi dua, yaitu pameran umum dan pameran khusus. Tahapan persiapan pameran kelas atau sekolah meliputi tahap perencanaan (persiapan awal), tahap pengumpulan karya, tahap seleksi karya, persiapan akhir (gladi bersih), dan pelaksanaan pameran.

Ketersediaan peralatan dan perlengkapan sangat diperlukan dalam penataan karya seni rupa yang hendak dipamerkan. Beberapa peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam pameran kelas atau sekolah adalah Sketsel atau panil, Level, Meja dan kursi, Tata lampu atau pencahayaan, Dekorasi ruangan, Katalog, Brosur, Buku tamu atau buku kesan dan pesan, dan Sound system.

Penataan karya seni rupa harus tepat sehingga dapat dinikmati secara optimal oleh pengunjung. Dengan demikian, proses apresiasi berlangsung dengan baik. Penempatan karya yang kurang tepat akan menghambat terjadinya proses apresiasi.

B.     Saran

Melaksanakan kegiatan pameran seni rupa harus dilakukan dengan perencanaan yang matang, tersusun secara sistematis dan logis. Kerja sama dan tanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan mendukung kelancaran kegiatan pameran. Penataan ruang pameran karya seni rupa yang baik akan mendukung kegiatan apresiasi sehingga tercapai tujuan yang diharapkan. Melalui kegiatan pameran kita tidak hanya belajar mengapresiasi karya seni rupa, tetapi juga belajar untuk berdisiplin dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, belajar untuk saling menghargai dan bekerjasama, selain itu juga belajar mengakui kekurangan dan kelemahan serta belajar untuk berkomitmen untuk berbuat lebih baik di masa yang akan datang.

 

Sumber :

https://nisachoi.blog.uns.ac.id/resmi-meluncur-vivo-v7-dibandrol-rp3799-juta/

Similar Posts