Ketahui! Tips Sukses Investasi Saham Untuk Investor Pemula

Ketahui! Tips Sukses Investasi Saham Untuk Investor Pemula

Ketahui! Tips Sukses Investasi Saham Untuk Investor Pemula – Sebagai investor pemula, Anda perlu memahami dengan baik apa itu investasi saham, dan manfaat investasi saham.

Sekilas, pengertian investasi saham adalah salah satu instrumen investasi yang investornya diberikan bukti kepemilikan atas nilai suatu perusahaan atau bukti penyertaan modal. Artinya, Anda berhak atas dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki.

Misalnya, sebuah perusahaan menerbitkan 1000 saham dan Anda membeli 100 saham, maka anda bisa mendapatkan 10% dari aset perusahaan.

Sementara itu, manfaat investasi saham adalah Anda bisa memulainya dengan modal kecil namun tetap untung, mendapatkan wawasan investasi yang lebih luas, keuntungan saham bisa dijadikan dana pensiun, memberikan rasa aman Finansial dan masih banyak lainnya.

Sebagai investor Saham Pemula, Belajar Investasi saham dari berbagai sumber sangat diperlukan.

Baca juga : Rumus Sukses Dalam Investasi Saham

5 Tips Sukses Investasi Saham Untuk Investor Pemula

Anda juga bisa mengandalkan persiapan berbagai rencana investasi saham yang sesuai sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

Berikut adalah tips investasi saham yang bisa anda tiru, antara lain;

1. Menentukan tujuan dan Jangka Waktu investasi saham

Agar investasi saham yang anda jalankan berjalan seperti yang diharapkan, anda bisa menentukan tujuan investasi saham sebelum Anda menyetorkan modal. Misalnya, hasil investasi saham ini ditujukan untuk rumah DP, membeli kendaraan, dana pensiun dan sebagainya.

Setelah tujuan dibuat, maka tentukan jangka waktu untuk berinvestasi di saham. Misalnya, tujuan investasi saham adalah untuk mengumpulkan uang muka sebesar Rp50 juta, maka Anda dapat berinvestasi di saham untuk jangka waktu 2 tahun.

Baca juga : Program penguji video game di Tahun 2022

2. Mengalokasikan dana untuk modal investasi saham secara konsisten

Sekarang modal untuk investasi saham bisa dimulai dari nilai yang kecil, yaitu ratusan ribu rupiah. Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin segera mulai berinvestasi di saham dengan Modal Jutaan.

Artinya, Anda harus mengumpulkan dana terlebih dahulu. Agar modal investasi menumpuk dengan cepat, Anda harus secara konsisten mengalokasikan 5-10% dari total pendapatan setiap bulan. Pisahkan dana ini di akun yang berbeda sehingga tidak digunakan untuk apa-apa.

3. Pilih aplikasi Investasi Saham Online terdaftar OJK

Semakin banyak orang yang terjun ke dunia saham, semakin banyak orang yang membuat platform atau aplikasi untuk investasi saham. Namun, Anda perlu waspada karena sekarang ada platform atau aplikasi investasi palsu.

Lebih baik, pilih Aplikasi investasi saham yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, seperti Indo Premier Online Technology (IPOT), perbankan sekuritas, Bibit, Bareksa dan sebagainya. Periksa kredibilitas atau keaslian platform saham di situs web OJK.

Baca juga : Komputer Laptop Murah The Untold Story

4. Beli saat harga turun dan jual saat naik

Dalam membeli saham untuk investasi, pilihlah Emiten atau perusahaan yang memiliki pertumbuhan laba positif. Amati perusahaan mana yang memiliki peluang bagus ke depan.

Kemudian, jangan sembarang waktu untuk membeli saham sehingga Anda dapat keuntungan. Anda harus memperhatikan waktu, di mana harga saham jatuh.

Cara ini tentu akan membuat Anda bisa mendapatkan keuntungan investasi yang cukup besar jika di lain waktu saham yang anda beli naik harganya.

5. Terus Belajar Investasi Saham

Jangan hanya melihat manfaat yang diperoleh dari investasi saham, tetapi Anda perlu melihat juga risiko investasi saham juga cukup tinggi. Namun, Anda dapat menghindari hal ini dengan dipersenjatai dengan pengetahuan investasi saham yang berkualitas.

Anda dapat belajar untuk meningkatkan pengetahuan investasi saham Anda dari berbagai pelatihan, seminar atau orang-orang terdekat yang berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka di dunia investasi. Dengan pengetahuan investasi yang anda miliki juga akan membuat Anda lebih konsisten dalam menjalani investasi saham. Dengan begitu, keuangan Anda akan aman di masa sekarang dan masa depan.

You May Also Like

About the Author: Novian

Leave a Reply

Your email address will not be published.