Ketika leher kaku terjadi: apakah ini kondisi serius?

Sakit kepala parah, Demam tinggi, Mual dan muntah, Kesulitan berkonsentrasi, Kejang, Sensitif terhadap cahaya, Tidak nafsu makan, Kehilangan kesadaran atau koma,

Apotekpurwosarifarma.co.id- Ketika leher kaku terjadi: apakah ini kondisi serius? Kebanyakan orang mungkin merasa leher kaku, terutama ketika mereka bangun di pagi hari atau setelah aktivitas berat.

Biasanya keluhan leher kaku muncul bersamaan dengan keluhan lainnya, seperti nyeri di leher, juga sangat sulit untuk menggerakkan leher.

Biasanya leher kaku yang tidak berbahaya umumnya akan mereda dengan sendirinya dalam beberapa hari atau sekitar satu minggu.

Namun, jika keluhan ini terus berlanjut atau disertai gejala lain, Anda perlu waspada karena bisa saja disebabkan oleh penyakit tertentu.

Mengenali Kondisi Leher Kaku

Mengenali Kondisi Leher Kaku
Mengenali Kondisi Leher Kaku

Dalam kebanyakan kasus, penyebab paling umum dari leher kaku adalah ketegangan otot atau keseleo di daerah leher. Keluhan ini dapat memiliki berbagai penyebab, misalnya:

Cedera otot atau ligamen di leher akibat gerakan leher yang tiba-tiba, misalnya sering membunyikan leher
Sering membawa beban berat dan tidak seimbang, seperti ransel yang berisi banyak barang
Kebiasaan tidur dalam posisi canggung dan tidak nyaman atau terlalu banyak bantal
Postur atau posisi tubuh yang buruk, misalnya saat duduk di meja dalam waktu lama atau sering membungkuk
Mengalami stres atau kecemasan yang berlebihan

Kondisi leher kaku yang perlu diwaspadai

Meski bisa sembuh dalam beberapa hari, leher yang kaku juga bisa menjadi pertanda kondisi serius, terutama jika rasa sakitnya berkepanjangan atau disertai gejala lain. Berikut adalah beberapa penyakit yang harus diwaspadai sebagai kemungkinan penyebab leher kaku:

  • Sakit kepala parah
  • Demam tinggi
  • Mual dan muntah
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Kejang
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Tidak nafsu makan
  • Kehilangan kesadaran atau koma

Meningitis adalah kondisi yang berbahaya dan perlu segera ditangani oleh dokter. Tanpa perawatan yang tepat, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan otak permanen atau bahkan kematian.

Pada kasus leher kaku akibat rheumatoid arthritis, nyeri leher dan kekakuan akan bertambah parah, jika penyakit ini tidak diobati.

Padahal, jika gejalanya sudah membaik, peradangan, nyeri, bengkak, dan leher kaku masih bisa kembali.

Demikianlah beberapa paktor penyebab keluhan yang terjadi pada leher kaku yang perlu Anda perhatikan. Kekakuan leher yang ringan dan mereda dengan sendirinya umumnya bukan kondisi yang serius.

You May Also Like

About the Author: Sopia

Leave a Reply

Your email address will not be published.