Pendidikan

Kewajiban Jangka Panjang

Kewajiban Jangka Panjang

            Kewajiban jangka panjang adalah kewajiban yang penyelesaiannya memerlukan waktu lebih dari satu periode siklus akuntansi atau lebih dari satu tahun. Contohnya seperti Hutang hipotek, hutang obligasi yang jatuh tempo lebih dari setahun, hutang pinjaman jangka panjang, dan lain sebagainya.

2.2    Wesel Bayar

  1.  Wesel Bayar

wesel bayar adalah suatu janji tertulis tanpa syarat untuk membayar sejumlah uang kepada pihak yang diberikan / dijanjikan pada waktu / tanggal yang telah ditetapkan serta ditandatangani oleh pihak yang berwenang.

Wesel bayar diterbitkan dalam jangka waktu yang beragam. Jangka waktu untuk pembayaran dalam satu tahun dari tanggal neraca biasanya diklafikasikan sebagai kewajiban jangka pendek. Kebanyakan wesel bayar merupakan kewajiban berbunga.

Berikut ini adalah ilustrasi contohnya untuk wesel bayar :

Diasumsikan bahwa Second national Bank setuju untuk memberikan pinjaman sebesar Rp. 100.000.000 pada tanggal 1 Maret 2012, Jika Nichole William Co. menandatangani wesel senilai Rp. 100.000.000 dengan tingkat bunga 12% dan jangka waktu 4 bulan. Dengan surat promes berbunga, jumlah aset yang diterima melalui penerbitan wesel bayar tersebut sama dengan nilai nominal wesel bayar . Oleh karena itu Nichole William Co. akan menerima uang tunai sebesar Rp. 100.000.000 dan membuat ayat jurnal sebagai berikut.

sumber

Similar Posts