Khasiat Daun Sereh Sebagai Obat Herbal Yang Wajib Kamu Ketahui

Khasiat Daun Sereh Sebagai Obat Herbal Yang Wajib Kamu Ketahui

Apotekpurwosarifarma.co.id Khasiat Daun Sereh Sebagai Obat Herbal Yang Wajib Kamu Ketahui, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Sereh atau serai sering kali dimanfaatkan masyarakat sebagai tambahan bumbu masakan. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di pasar tradisional atau pasar modern.

Dengan aroma yang khas yang membuat masakan menjadi lebih harum serta menambah citarasa masakan, menjadikan sereh sebagai bahan bumbu masakan yang digemari masyarakat tanah air.

Meskipun termasuk kedalam golongan rumput-rumputan, ternyata sereh kerap digunakan juga sebagai obat herbal untuk menumpas beberapa jenis penyakit yang umum diderita masyarakat.

Ini dikarenakan sereh kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu juga kandungan eugenol, kadinol, limonen, dipenten, dan geraniol pada sereh dapat mengatasi asam urat dan rematik.

Kandungan Nutrisi Dalam Sereh

Sereh memiliki kandungan yang kaya nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, folat, zat besi, magnesium, tembaga, potasium, kalsium, dan mangan.

Baca juga : Cara Alami Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

Dengan kandungan nutrisi tersebut, daun sereh dipercayai efektif menyembuhkan beberapa penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat.

Tidak hanya itu, masih banyak khasiat yang terkandung pada tanaman satu ini, lebih jelasnya berikut ulasan lengkap khasiat daun sereh yang sudah mimin rangkm untuk kamu semua.

Khasiat Daun Sereh

Sereh terdiri dari daun, batang dan akar, seluruh bagian ini mengandung minyak atsiri yang bisa digunakan sebagai obat herbal.

Selain manfaat-manfaat yang sudah dijelaskan diatas, masih ada manfaat lain dari sereh yang belum banyak diketahui.

Nah, berikut ini manfaat daun sereh sebagai obat herbal yang wajib kamu ketahui yang diantaranya:

1. Efektif meredakan rematik

Dengan kandungan minyak atsiri pada sereh memiliki khasiat meredakan nyeri pada persendian. Nyeri pada sendi ini merupakan salah satu gejala penyakit rematik.

Jadi dengan menggunakan minyak atsiri secara rutin saat mengalami nyeri persendian, secara efektif mampu meredakan nyeri pada area tersebut.

2. Mengobat batuk

Bagi kamu yang enggan minum obat kimia saat terkena batuk, minum rebusan air sereh bisa menjadi solusi terbaik.

Untuk membuat obat herbal ini, kamu cukup merebus 600 gram daun sereh dengan air secukupnya sampai mendidih.  Setelah dingin, kamu bisa meminum rebusan air sereh tersebut. 

3. Melancarkan haid

Khasiat daun sereh berikutnya yaitu mampu melancarkan haid, kamu cukup merebus 15 gram sereh, 30 gram daun dewa, 20 gram kunyit, 25 gram kencur, 25 gram temu ireng, 25 gram bangle dengan 500 ml air.

Baca juga : Baik Untuk Kesehatan Dan Kecantikan! Berikut Ragam

Rebus semua bahan sampai mendidih sampai menyisahkan 200 ml air. Setelah matang, saring dan minum saat hangat.

4. Mengatasi darah tinggi

Sereh dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Sereh kaya akan kalium yang bisa meningkatkan produksi urine dalam tubuh. Efek ini dapat merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.

5. Meredakan sakit gigi dan nyeri otot

Cukup minum air rebusan sereh bisa meredakan sakit gigi dan nyeri otot. Ini dikarenakan sereh bersifat analgesik atau dapat meredakan nyeri.

6. Melemaskan otot

Selain dapat dikonsumsi sebagai obat herbal (dalam), sereh juga bisa digunakan sebagai obat luar. Dengan menggunakan minyak sereh berkhasiat menghangatkan tubuh dan melemaskan otot.

7. Menjaga sistem pencernaan

Sereh mengandung minyak sitronela yang bisa membunuh bakteri jahat dan patogen dalam sistem pencernaan. Sitronela juga berperan untuk mencegah peradangan pada dinding lambung dan usus.

Kesimpulan

Meskipun memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, sebaiknya menggunakan sereh sebagai obat herbal tidak berlebihan. 

Demikian ulasan mengenai Khasiat Daun Sereh Sebagai Obat Herbal Yang Wajib Kamu Ketahui, semoga dengan informasi ini dapat membantu serta menambah wawasan kamu.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.