Kunjungan Menteri ESDM Di Mojokerto

Kunjungan Menteri ESDM Di Mojokerto

Kunjungan Menteri ESDM Di Mojokerto

Kunjungan Menteri ESDM Di Mojokerto

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral

Di sela-sela kesibukan menjalankan tugasnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bapak Ir. Jero Wacik, S.E, Sabtu (31/08) kemarin melakukan kunjungan ke beberapa situs yang ada dikawasan Mojokerto Jawa Timur, dimulai dengan kunjungan ke Petirtaan Jalatunda, Trawas. Rombongan tiba di Petirtaan Jalatunda sekitar pukul 12.30 WIB, didampingi Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Mojokerto Bapak Drs. Aris Soviyani, SH, M.Hum, beliau  berkeliling melihat lingkungan sekitar situs dan mendapat penjelasan mengenai petirtaan kuna tersebut. Petirtaan Jalatunda pada dasarnya adalah kolam berbentuk empat persegi panjang dengan orientasi hadap ke arah barat, keberadaan petirtaan ini banyak di hubungkan dengan tokoh Udayana dari Bali.

Setelah dari Jalatunda

kunjungan kemudian dilanjutkan ke Situs Kedaton, Trowulan. Turut menyambut  Menteri  ESDM, Kasi Pelindungan Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB Mojokerto Bapak Drs. Edhi Widodo, M.Si, selanjutnya bersama Kepala BPCB Mojokerto, Kasi PPP mendampingi Bapak Jero Wacik, berkeliling melihat situasi situs.

Kepala BPCB

Di dalam kesempatan ini pula Kepala BPCB memberikan penjelasan singkat tentang kondisi situs, situs kedaton sendiri diperkirakan merupakan kompleks percandian, di lingkungan situs terdapat sumur kuno yang berbentuk segi empat berbahan batu bata. Sampai sekarang  sumur kuno tersebut masih memiliki sumber mata air di dalamnya. dan oleh masyarakat tertentu air tersebut digunakan untuk mensucikan diri sebelum masuk ke lingkungan situs. (noz)

Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.co.id/