Manfaat Baik Mengkonsumsi Buah Kurma

Manfaat Baik Mengkonsumsi Buah Kurma

Apotekpurwosarifarma.co.id Mengkonsumsi buah kurma setiap hari secara rutin memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaatnya? simak penjelasannya berikut.

Buah kurma merupakan buah yang memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Kurma kerap dikonsumsi sebagai makanan berbuka puasa.

Dengan makan kurma dan minum air sesuai dengan tradisi agama, membantu menghindari makan berlebihan setelah puasa berakhir.

Banyak masyarakat mengkonsumsi kurma dengan berbagai cara, yakni mencampur adonan kurma dengan susu, yogurt, atau dengan roti dan mentega untuk menjadikannya lebih nikmat.

Kurma adalah salah satu makanan manis dan multiguna yang dapat meregulasi proses pencernaan. Kurma juga sangatlah baik untuk menaikkan berat badan.

American Cancer Society merekomendasikan asupan serat 20 hingga 35 gram per hari, yang dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi kurma.

Mengkonsumsi 1 buah kurma per hari dapat menjaga pola makan yang seimbang dan sehat, juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mata seumur hidup. 

Kandungan Nutrisi Buah Kurma

Di dalam 100 gram buah kurma, terkandung sekitar 280 kalori dan aneka nutrisi sebagai berikut:

Baca juga : Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami

  • 2–2,5 gram protein
  • 75 gram karbohidrat
  • 65 gram gula
  • 7–8 gram serat
  • 65 miligram kalsium
  • 650 miligram kalium
  • 1 mg zat besi
  • 0,5 miligram zinc
  • 150 IU vitamin A

Selain nutrisi di atas, buah kurma juga mengandung folat, vitamin B, vitamin K, mangan, dan beragam jenis antioksidan, termasuk lutein dan flavonoid.

Manfaat Buah Kurma

Selain enak dan memiliki cita rasa yang manis dan legit, serta kandungan gizinya yang cukup melimpah ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi buah yang satu ini.

Adapun manfaatnya sebagai berikut:

1.  Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Kandungan mineral yang sangat tiggi pada buah kurma menjadikannya makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit seperti osteoporosis.

2. Meningkatkan Kesuburan

Tak cuma bisa melancarkan persalinan normal, manfaat kurma yang pasti bakal disukai pasangan suami istri adalah bisa meningkatkan kesuburan, baik pada wanita maupun pria.

3. Konstipasi 

Kurma seringkali dikategorikan sebagai makanan pencuci perut. Inilah sebabnya mengapa kurma sering dikonsumsi oleh orang yang menderita konstipasi.

4. Anemia 

Memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, yang bermanfaat untuk bermacam kondisi kesehatan, namun kandungan zat besi yang tinggi pada kurma menjadikannya suplemen diet bagi mereka yang menderita anemia. 

5. Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang

Baca juga : 5 Tanaman Herbal Untuk Mengatasi Diabetes

Bukan cuma air kelapa, lho, yang bisa membantu membantu elektrolit yang hilang, kurma pun bisa! Dengan kadar potasium yang tinggi, yaitu salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh.

6. Mengontrol kadar gula darah

Meski rasanya manis dan mengandung gula yang cukup tinggi, buah kurma ternyata cukup aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. 

7. Mendukung kesehatan sistem pencernaan

Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, buah kurma bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan membantu mengatasi serta mencegah sembelit.

8. Membantu Melancarkan Proses Persalinan Normal

Manfaat buah kurma yang satu ini pasti sangat diminati oleh ibu hamil. Bila Anda makan kurma tiap hari selama beberapa minggu terakhir sebelum lahiran, itu bisa membantu melancarkan persalinan normal!

9. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Buah kurma diketahui mengandung banyak antioksidan alami, seperti fenolik dan flavonoid. Kandungan ini memiliki peran penting dalam mencegah pertumbuhan sel kanker.

10. Meningkatkan Energi 

Kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh sebab itu, kurma merupakan camilan yang sangat baik jika anda memerlukan tambahan energi dengan cepat.

Kesimpulan

Meskipun kurma memiliki kandungan nutrisi yang besar, proses pemilihan kurma perlu diperhatikan, kamu sebaiknya mengkonsumsi buah kurma yang diproses dan dikemas dengan benar.

Pastikan juga untuk mencuci kurma sampai bersih sebelum kamu memakannya, karena hal ini akan membantu membersihkan kotoran yang ada pada permukaan kulit kurma.

Untuk memperoleh manfaat buah kurma secara maksimal, kamu disarankan untuk mengonsumsi buah ini secukupnya, yakni tidak lebih dari 3–4 buah per hari.

Itulah, ulasan lengkap Manfaat Baik Mengkonsumsi Buah Kurma ini, semoga dengan informasi kali ini dapat membantu dan menambah wawasan kamu semua.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.