Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Apotekpurwosarifarma.co.id – Apakah disekitar rumah anda tumbuh tanaman liar dengan daun berwarna hijau mengkilap dan berbatang lunak? Biasanya tanaman ini tumbuh di tanah dan di celah batu, tanaman ini dikenal dengan sebutan daun sirih cina.

Meskipun daun sirih cina terbilang tanaman liar, namun terdapat banyak khasiat untuk kesehatan yang bisa anda manfaatkan.

Bahkan daun sirih cina memiliki agen anti peradangan hingga anti kanker, selain itu terdapat kandungan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan tubuh anda.

Tanaman daun sirih memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang akan admin ulas dibawah ini. Simak selengkapnya.

Manfaat Daun Sirih Cina

Menjaga Pencernaan Agar Tetap Sehat

Daun sirih cina dapat dimanfaatkan untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat, gunakan rebusan saun sirih cina untuk menjaga kesehatan pencernaan anda, terutama pada penderita maag.

Mengobati Asam Urat

Daun sirih cina dapat mengurangi gejala asam urat, air rebusan daun sirih cina berkhasiat sebagai obat alami asam urat tinggi.

Daun sirih cina mengandung alkaloid, saponin, tanin, kalsium okslat, polifenol, dan juga minyak atsiri yang efektif untuk mengobati asam urat bila dikonsumsi secara rutin.

Sediakan daun sirih cina segar 30 gram dan ciplukan 30 gram, cuci hingga bersih. Kemudian, rebus dengan air 300 ml hingga mendidih, buat rebusan air daun sirih cina menjadi 150 ml, dinginkan dan saring.

Minum rebusan air daun sirih cina sebanyak dua kali dalam sehari secara rutin.

Mengobati Kanker

Daun sirih cina terbukti mampu mencegah dan melawan pertumbuhan sel kanker, selain itu juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri, patogen, dan senyawa radikal bebas.

Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Banyak yang mengatakan jika infeksi saluran kemih dapat di atasi dengan konsumsi air rebusan daun sirih. Namun, hingga saat ini belum diketahui secara pasti kebenarannya.

Tapi anda tidak perlu khawatir, sebenarnya, untuk mengatasi infeksi saluran kemih cukup sederhana, meskipun terbilang sederhana masih banyak orang yang malas untuk melakukannya.

Untuk mengatasi infeksi saluran kemih secara alami dengan mudah cukup dengan minum air putih, karena saat asupan air banyak, kandung kemih akan lebih aktif dan sering mengeluarkan urine.

Dengan demikian akan lebih banyak bakteri yang mungkin keluar bersamaan dengan air kencing, konsumsi air putih setidaknya dua liter dalam satu hari.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Rebusan daun sirih cina dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh, jika dikonsumsi dengan dosis yang tepat, rebusan daun sirih cina dapat menurunkan kadar kolestrol secara efektif.

Akhir Kata

Itulah Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.