Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Apotekpurwosarifarma.co.id – Kunyit merupakan jenis tanaman rempah yang kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikut adalah Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh.

Seperti yang sudah kita ketahui, kunyit biasanya digunakan sebagai bumbu dapur. Rempah-rempah tersebut sangat mudah di temukan di sekitar kita.

Selain itu, sejak dahulu kunyit sering dijadikan untuk pengobatan tradisional. Karena kunyit mengandung kurkumin yang terdapat pada rimpang kunyit.

Lalu apa sajakah manfaat yang bisa di dapat dari kunyit untuk kesehatan? Untuk mendapatkan jawabannya silahkan simal ulasannya dibawah ini.

Kandungan Nutrisi Kunyit

Dilansir dari alodokter.com, di dalam 100 gram kunyit, terkandung beragam nutrisi berikut ini:

  • 10 gram protein
  • 168 miligram kalsium
  • 208 miligram magnesium
  • 299 miligram fosfor
  • 2 gram¬†kalium
  • 1 miligram vitamin C
  • 55 miligram zat besi

Selain dari kandungan kunyit yang di sebutkan diatas, kunyit juga mengandung antiinflamasi, antimokroba dan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga: Obat Batu Ginjal Alami Yang Dapat Ditemui Disekitar Rumah

Adapun manfaat yang bisa kita dapat jika mengonsumsi kunyit, mari kita simak ulasannya bersama dibawah ini untuk menambah pengetahuan.

5 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Mencegah kanker

Kandungan kurkumin yang terkandung pada kunyit memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu menghambat pertumbuhan, perkembangan dan penyebaran sel kanker. Akan tetapi, para ahli masih melakukan penelitian lebih dalam tentang ini.

Mengatasi masalah kulit

Selain itu kandungan antiinflamasi, antimikroba dan antioksidan yang terkandung didalamnya juga digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan pada kulit. Diantaranya seperti eksim, jerawat, penuaan dini dan psoriasis.

Meringankan gangguan menstruasi

Suplemen yang mengandung kurkumin dapat meringankan gejala sindrom pramenstruasi, dan meredakan rasa nyeri akibat kram yang dialami wanita pada masa menstruasi.

Baca Juga: Kopi Hitam Tanpa Gula Ternyata Dapat Mencegah Liver Dan

Mencegah penyakit jantung

Manfaat selanjutnya yang bisa di dapat dari kunyit adalah untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Hal ini karena kunyit mengandung antiinflamasi dan antioksidan yang cukup tinggi.

Mengurangi depresi

Sebuah penelitian menunjukan jika mengonsumsi kunyit dapat mengurangi gejala depresi. Tentunya hal ini dikarenakan kurkumin pada kunyit dapat membantu antidepresan bekerja lebih optimal.

Diatas merupakan beberapa manfaat dari banyaknya manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh. Walau demikian, sebelum membuat racikan untuk pengobatan herbal, tetap kita harus konsultasi terlebih dahulu dengan ahli kesehatan.

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh. Semoga apa yang sudah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.