Manfaat Minum Jus Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Manfaat Minum Jus Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Apotekpurwosarifarma.co.id Manfaat Minum Jus Lidah Buaya Untuk Kesehatan – Lidah buaya bukan hanya baik untuk kesehatan kulit saja. Dan berikut kami akan bahas beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan.

Tanaman lidah buaya adalah spesies tanaman sukulen dari genus Aloe. Tumbuh berlimpah di iklim tropis dan telah digunakan selama berabad-abad sebagai tanaman obat.

Jus lidah buaya adalah cairan lengket dan kental yang terbuat dari daging daun tanaman lidah buaya. Secara historis, ini telah digunakan baik secara topikal maupun oral.

Artikel ini membahas manfaat kesehatan potensial dari lidah buaya ketika dikonsumsi sebagai jus atau dalam bentuk lain.

5 Manfaat Jus Lidah Buaya Untuk Kesehatan

1. Mengandung antioksidan

Berdasarkan studi tabung reaksi, diperkirakan bahwa tanaman lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi. Itu sebabnya banyak orang menggunakannya untuk mengobati dan meringankan kondisi kulit tertentu, seperti luka bakar dan luka.

Aktivitas anti-inflamasi yang diusulkan adalah berkat polifenol, sekelompok senyawa tanaman kaya antioksidan.

Antioksidan membantu melindungi tubuh Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas juga dikenal sebagai stres oksidatif.

Baca Juga: Wajib Tahu! Berikut Daftar Penyakit yang Ditanggung BPJS

Penelitian telah menunjukkan bahwa stres oksidatif kronis dapat meningkatkan risiko beberapa kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung dan bahkan beberapa jenis kanker.

Namun, saat ini tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa jus lidah buaya secara langsung memiliki efek pada risiko kondisi ini.

2. Dapat membantu mengobati kondisi kulit dan memperbaiki penampilan kulit

Lidah buaya dianggap memiliki sifat anti-inflamasi, menjadikannya pengobatan potensial untuk luka bakar dan gangguan kulit lainnya seperti dermatitis atopik.

Banyak manfaat lidah buaya pada kesehatan kulit terlihat ketika dioleskan, daripada dikonsumsi sebagai minuman. Namun, penelitian terbatas pada suplemen lidah buaya oral memang ada.

Satu studi menemukan bahwa mengambil 40 mcg Aloe sterol per hari selama 12 minggu meningkatkan elastisitas kulit pada sekelompok pria di bawah usia 46 (5).

Baca Juga: Khasiat Daun Sereh Sebagai Obat Herbal Yang Wajib Kamu Ketahui

Studi lain juga menemukan bahwa mengkonsumsi lidah buaya meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi munculnya keriput pada sekelompok wanita di atas usia 40(6).

Penting untuk dicatat bahwa dalam kedua penelitian ini, lidah buaya dikonsumsi sebagai suplemen, bukan jus.

Selain itu, sementara penelitian ini menjanjikan, itu tidak konklusif dan lebih banyak uji coba manusia diperlukan.

3. Dapat bermanfaat untuk pengobatan pra-diabetes

Penelitian yang lebih tua telah menunjukkan bahwa baik gel dan jus dari lidah buaya dapat menurunkan kadar gula darah puasa pada orang dengan diabetes tipe 2.

Sebaliknya, dua ulasan terpisah menemukan bahwa minum jus lidah buaya tidak meningkatkan gula darah puasa pada orang dengan diabetes tipe 2 meskipun itu terjadi pada mereka dengan pra-diabetes.

Lebih lanjut, penelitian lain mengamati bahwa jus lidah buaya meningkatkan kadar gula darah dan asam lemak darah pada mereka yang menderita pra-diabetes.

Meskipun ini terdengar menjanjikan, penelitian terbatas. Uji coba yang lebih besar, acak, dan terkontrol diperlukan untuk mengkonfirmasi hubungan antara jus lidah buaya dan kontrol gula darah.

Selain itu, suplemen ekstrak lidah buaya tidak distandarisasi, diatur, atau dianggap sebagai pengobatan alternatif yang aman untuk diabetes.

4. Dapat membantu dengan masalah pencernaan

Jus lidah buaya mengandung glikosida antrakuinon. Ini adalah senyawa tanaman dengan efek pencahar yang dapat membantu meredakan sembelit.

Namun, penelitian tentang topik ini sudah ketinggalan zaman dan keamanan menggunakan jus lidah buaya untuk mengobati sembelit tidak diketahui.

Pada tahun 2002, Food and Drug Administration (FDA) tidak lagi menyetujui obat pencahar lidah buaya untuk penjualan over-the-counter, karena mereka belum diuji untuk mengkonfirmasi keamanan dan kemanjurannya.

Baca Juga: Obat Alami Yang Dapat Meredakan Asam Lambung Tinggi

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa sirup lidah buaya dapat membantu mengobati dan mengurangi gejala penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Penelitian awal lainnya menunjukkan hasil yang menjanjikan untuk menggunakan ekstrak lidah buaya untuk mengobati irritable bowel syndrome (IBS).

Pada akhirnya, meskipun mungkin lidah buaya memiliki manfaat pencernaan, belum ada cukup penelitian yang menunjukkan keamanan atau dosis penggunaannya untuk tujuan ini.

5. Dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa lidah buaya menawarkan sifat antibakteri dan dapat mendukung pengobatan beberapa kondisi gigi dan mulut.

Plus, sebuah penelitian pada 74 orang dengan fibrosis submukosa oral-suatu kondisi kronis yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan di mulut.

Menunjukkan bahwa mengambil 1 ons (30 mL) jus lidah buaya dua kali sehari selama 3 bulan sama efektifnya dengan perawatan tradisional seperti suntikan hidrokortison.

Studi lain menemukan bahwa obat kumur lidah buaya secara efektif mengurangi keparahan dan rasa sakit yang terkait dengan mucositis oral efek samping. Yang umum dari kemoterapi dan perawatan radiasi pada individu dengan kanker kepala dan leher.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Lebih lanjut, sebuah penelitian pada 64 orang dengan kanker menemukan bahwa menggunakan larutan obat kumur lidah buaya 3 kali sehari selama 14 hari membantu mengurangi terjadinya dan rasa sakit.

Ini juga berspekulasi bahwa obat kumur lidah buaya dapat membantu mengurangi plak gigi dan mengelola rasa sakit dan pembengkakan setelah operasi mulut (19, 20).

Meskipun lebih banyak data jangka panjang diperlukan, studi ini menunjukkan bahwa jus lidah buaya dapat menawarkan pendekatan alternatif untuk perawatan untuk kondisi gigi dan mulut tertentu.

Pertimbangan jus lidah buaya

Lidah buaya dapat ditemukan sebagai jus atau gel. Jus dapat dianggap sebagai getah, karena berasal dari bagian berdaun dari tanaman lidah buaya. Gel, di sisi lain, adalah zat kental yang berasal dari bagian dalam tanaman.

Umumnya, jus lidah buaya dapat dikonsumsi sebagai minuman, sedangkan gel sering dioleskan.

Beberapa penelitian menyarankan menggunakan jus lidah buaya dan suplemen untuk berbagai kondisi kesehatan.

Baca Juga: Inilah Manfaat Bawang Putih Mentah yang Jarang Diketahui

Namun, sebagian besar data yang tersedia berasal dari studi kecil jangka pendek, dan lebih besar, uji klinis manusia masih diperlukan.

Sebaiknya bicarakan dengan profesional kesehatan sebelum mencoba sesuatu yang baru dalam hal diet dan kesehatan Anda termasuk menambahkan jus lidah buaya atau suplemen ke dalam rutinitas Anda.

Ini terutama benar jika Anda sedang hamil atau menyusui atau menyusui, karena keamanan produk lidah buaya masih belum diketahui dalam kelompok ini.

Demikian pula, pastikan untuk meninjau suplemen atau jus lidah buaya dengan dokter Anda terlebih dahulu jika Anda menggunakan obat apa pun untuk menghindari kemungkinan interaksi.

Kesimpulan

Aloe vera umumnya dikenal sebagai gel topikal yang digunakan untuk mengobati sengatan matahari. Menjanjikan, itu juga dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya, sebagian besar karena sifat antioksidannya.

Penelitian awal telah menunjukkan bahwa lidah buaya dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit, gigi, mulut, dan pencernaan Anda.

Bahkan dapat meningkatkan kontrol gula darah. Namun, lebih banyak data jangka panjang dari uji klinis manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

Pastikan untuk berbicara dengan profesional kesehatan sebelum mencoba produk lidah buaya, terutama jika Anda Sedang Hamil, menyusui, atau minum obat apa pun.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.