Pendidikan

Manfaat sosiologi

Manfaat sosiologi

Manfaat sosiologi

Manfaat sosiologi
Manfaat sosiologi

Dalam setiap bidang ilmiah terdapat perbedaan antara ilmu murni dan ilmu terapan. Ilmu murni (pure science) merupakan pencarian pengetahuan. Segi penggunaan praktisnya bukan merupakan perhatian utama. Ilmu terapan (applied science) merupakan pencarian cara-cara untuk menggunakan pengetahuan ilmiah guna memecahkan masalah praktis. Seorang ahli sosiologi yang melakukan penelitian tentang struktur sosial suatu masyarakat miskin, sedang bekerja sebagai seorang ilmuwan murni. Akan tetapi, ketika hal ini diteruskan dengan studi tentang cara mencegah kejahatan di daerah miskin, maka hal ini menjadi ilmu terapan.

Bila diteliti secara mendalam, sosiologi merupakan ilmu murni dan ilmu terapan. Pengetahuan sosiologi telah diterapkan secara umum. Banyak sosiolog yang dipekerjakan dalam instansi-instansi negara maupun menjadi konsultan berbagai perencanaan pembangunan.

Dalam hal ini tentunya peran sosiolog sangat dibutuhkan terutama yang berkaitan dengan penelitian, pengolahan data, dan perencanaan kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat.

Manfaat sosiologi bagi masyarakat adalah sebagai berikut.
1. Untuk pembangunan. Sosiologi berguna untuk memberikan data sosial yang diperlukan pada tahap perencanaan pelaksanaan maupun penilaian pemhangunan. Pada tahap perencanaan, yang harus diperhatikan adalah apa yang menjadi kebutuhan sosial. Pada tahap pelaksanaan yang harus dilihat adalah kekuatan sosial dalam masyarakat serta proses perubahan sosialnya. Sementara itu, pada tahap penilaian yang harus dilakukan adalah analisis terhadap efek atau dampak sosial pembangunan tersebut.

2. Untuk penelitian. Dengan penelitian dan penyelidikan sosiologis, akan diperoleh suatu perencanaan atau pemecahan masalah sosial yang baik. Di negara yang sedang membangun, peran sosiolog sangat dibutuhkan. Dari data yang dihasilkan oleh penelitian sosiologis, para pengambil keputusan dapat menyusun rencana dan cara pemecahan suatu masalah sosial. Contohnya, cara pencegahan kenakalan remaja dan cara meningkatkan kembali rasa solidaritas antarwarga yang semakin pudar.

Sumber : https://forbeslux.co.id/

Similar Posts