Masa Depan Cerah Dengan Menjadi Seorang PNS

Masa Depan Cerah Dengan Menjadi Seorang PNS

Masa Depan Cerah Dengan Menjadi Seorang PNS – Karir sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan salah satu hal yang didambakan oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Banyak orang mengatakan, PNS adalah profesi yang paling aman dan stabil daripada pekerjaan lain. Oleh karena itu, satu posisi dalam suatu instansi dapat diperebutkan oleh ribuan orang dalam seleksi CPNS yang diadakan setiap tahunnya.

Tapi apa sebenarnya keuntungan menjadi PNS yang diinginkan banyak orang?

Pada kesempatan ini, lulusan bang akan menjelaskan keuntungan menjadi PNS, sehingga lulusan Dik lebih percaya diri dalam mempersiapkan seleksi PNS. Mari kita bicara tentang hal itu!

10 manfaat menjadi PNS yang diinginkan banyak orang

1. Penghasilan reguler

Keuntungan menjadi PNS pertama adalah penghasilan tetap. Berbeda dengan pegawai swasta yang pendapatannya ditentukan oleh kondisi industri dan kinerja perusahaan, pendapatan Pegawai Negeri Sipil cenderung stabil.

Kenaikan gaji PNS juga umumnya lebih tinggi dari inflasi tahunan, membuat PNS cocok untuk mahasiswa pascasarjana yang menyukai stabilitas pendapatan. Plus, selain gaji pokok, PNS juga mendapatkan berbagai tunjangan lainnya.

2. Bebas dari PHK

Keuntungan menjadi PNS adalah profesi ini bebas dari kemungkinan pemutusan hubungan kerja (PHK). PNS bebas dari PHK karena peran mereka dalam melayani masyarakat akan terus dibutuhkan, terlepas dari krisis ekonomi apapun.

Dalam kasus-kasus mendesak tertentu, kementerian atau lembaga non-negara yang dibentuk oleh pemerintah dapat dibubarkan karena kebijakan pemerintah. Namun, kalaupun ini terjadi, PNS yang bekerja di lembaga tersebut akan dialihkan ke lembaga lain yang masih beroperasi dengan baik.

Beberapa situasi yang bisa membuat PNS dicabut adalah ketika dia melanggar aturan untuk melakukan tindak pidana.

Selain dua hal tersebut, pencabutan status PNS juga dilakukan jika seorang PNS terjun ke dunia politik, seperti mengusulkan dirinya sebagai Kepala Negara, Kepala Daerah, menjadi Wakil DPR/DPD, atau bergabung dengan partai politik.

3. Mendapatkan Manfaat Pensiun

Sebagai layanan timbal balik PNS kepada negara, negara juga menjamin kelangsungan ekonomi PNS ketika PNS memasuki masa pensiun.

Meski tidak aktif melayani masyarakat, pemerintah tetap akan memberikan gaji bulanan bagi pensiunan PNS, sesuai dengan ketentuan undang-undang. Bahkan, istri seorang pensiunan PNS masih akan mendapatkan pensiun dari suaminya setelah kematiannya.

4. Menguasai bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan

Jika lulusan Dik mengutamakan kejelasan jalur karir, menjadi PNS mungkin menjadi jawaban bagi lulusan Dik. Jalur karier seorang pegawai negeri sangat jelas, karena diatur oleh negara dalam undang-undang.

Promosi tentu akan meningkatkan gaji, tunjangan, dan fasilitas juga, sehingga kehidupan PNS terjamin.

5. Kendaraan dan fasilitas rumah

Keuntungan menarik menjadi PNS adalah kesempatan mendapatkan kendaraan dinas dan fasilitas perumahan. Fasilitas ini akan sangat memudahkan mobilitas dan kesejahteraan seseorang.

Namun, tentu saja tidak semua PNS mendapatkan fasilitas ini, hanya sebagian PNS yang berprestasi dan memiliki posisi strategis.

‍6. Kemudahan mengajukan pinjaman ke Bank

Keuntungan lain menjadi PNS adalah kemudahan mengajukan pinjaman ke bank. Jika seorang PNS membutuhkan banyak uang tunai, seperti untuk membeli atau memperbaiki rumah, menyekolahkan anak, atau kebutuhan lainnya, PNS dapat menjamin sertifikat pengangkatannya, yang disebut keputusan PNS, ke bank. Dengan begitu, angsuran uang pinjaman akan dipotong dari gaji mereka setiap bulan.

7. Mampu bekerja secara team maupun individu

Jika lulusan Dik ingin meniti karir sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari, maka profesi PNS akan menjadi profesi yang cocok bagi lulusan Dik. Hingga saat ini, salah satu hal yang diperhatikan dalam pemilihan PNS adalah latar belakang pendidikan yang ketat.

Jika kualifikasi seseorang tidak sesuai dengan formasi dan kualifikasi yang disyaratkan, maka aplikasi seseorang untuk posisi tersebut secara otomatis didiskualifikasi.

8. Kemudahan Melanjutkan Pendidikan

Jika lulusan dik adalah seseorang yang tertarik untuk melanjutkan pendidikannya setinggi mungkin, maka keputusan untuk menjadi PNS adalah keputusan yang tepat. Peluang beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya sangat tinggi bagi PNS, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Tentu saja, kesempatan ini disertai dengan beberapa syarat, salah satunya adalah bahwa Dik yang lulus harus telah bekerja di posisi Dik yang lulus selama dua tahun dan harus mendapat izin dari pimpinan.

Selain pendidikan formal, seorang pegawai negeri sipil juga dapat memperoleh lebih banyak pengetahuan melalui berbagai acara, seperti seminar, pelatihan, dan acara pelatihan lainnya. Tidak perlu khawatir tentang biaya, karena lembaga atau lembaga tempat pegawai negeri sipil bekerja akan membiayai.

9. Kemudahan pindah instansi atau lokasi

Jika dalam perjalanan karirnya seorang PNS ingin mengabdi di instansi lain atau berganti lokasi, PNS tidak perlu khawatir akan pemecatan. Sebab, tidak seperti pegawai swasta, sebagai PNS, PNS akan lebih mudah berpindah dari satu instansi ke instansi lain tanpa harus resign atau resign.

Hal yang sama berlaku jika seorang pegawai negeri memiliki rencana untuk pindah lokasi. Memang proses pindahan instansi atau pemindahan lokasi penugasan cukup memakan waktu dan membutuhkan banyak dokumen, namun hal ini sangat umum terjadi.

‍10. Jam kerja yang pasti

Keuntungan lain yang menarik dari menjadi pegawai negeri adalah jam kerja yang ditentukan. Jam kerja ini tergantung pada jam operasional masing-masing instansi, tetapi pada umumnya PNS bekerja mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Pegawai negeri sipil juga memiliki jam kerja tetap, yaitu Senin hingga Jumat.

Kemungkinan Lembur sangat kecil, sehingga seorang PNS umumnya memiliki waktu luang untuk melakukan kegiatan lain, seperti membuka usaha sampingan.

Itulah 10 Keuntungan menjadi PNS paling populer di kalangan peserta seleksi CPNS. Karena aman dari PHK dan uang jaminan pensiun, profesi ini sangat diinginkan oleh orang-orang yang menginginkan pendapatan dan stabilitas karir.

Jika lulusan Dik yakin akan meniti karir sebagai PNS, lulusan Dik bisa mengambil kelas untuk mempersiapkan seleksi CPNS, lho. Cek kelas CPNS sekarang juga dan segera daftarkan diri Anda ke WhatsApp Bang pass.

You May Also Like

About the Author: Novian

Leave a Reply

Your email address will not be published.