Mengenal Manfaat Makan Pedas Beserta Bahaya Yang Di Timbulkan

Mengenal Manfaat Makan Pedas Beserta Bahaya Yang Di Timbulkan

Apotekpurwosarifarma.co.id – Hobi makan makanan pedas ada baiknya jika kamu mengetahui Manfaat Beserta Bahaya Yang dapat Di Timbulkan, agar kamu memperoleh manfaat maksimal dan terhindar dari efek samping.

Kebanyakan masyarakat Indonesia menyukai makan makanan pedas, tetapi tidak sedikit pula yang tidak tahan terhadap makanan tersebut.

Makanan pedas sering kali dianggap sebagai salah satu penyebab masalah kesehatan, seperti gangguan pencernaan, sakit perut, maag dll.

Namun di balik itu, makanan pedas rupanya memiliki manfaat untuk kesehatan, yang mungkin belum banyak diketahui dan kamu mungkin salah satu diantaranya.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa saja manfaat dan bahaya dari mengkonsumsi makanan pedas ini.

Manfaat Makan Pedas

Berikut adalah manfaat baik yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi makanan pedas, simak penjelasannya dibawah ini.

Baca juga : Obat Herbal Kolesterol – Atasi Kolesterol Dengan Beberapa

1. Menyehatkan Jantung

Bahan dasar makanan pedas yaitu cabai, Cabai itu sendiri dapat mencegah terjadinya pembekuan darah. Karena kandungan capsaicin pada cabai terbukti efektif melawan inflamasi yang merupakan penyebab dari penyakit jantung.

2. Menurunkan Berat Badan

Kandungan senyawa capsaicin pada cabai ternyata dapat meningkatkan temperatur tubuh dan mempercepat kerja metabolisme, sehingga kalori dalam tubuhmu dapat lebih cepat terbakar.

Nah, bagi kamu yang berniat menurunkan berat badan ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan pedas.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi cabai dan paprika mampu meningkatkan imunitas tubuh. Karena terdapat kandungan vitamin C dan A-nya yang sangat tinggi.

Kedua jenis vitamin tersebut merupakan zat antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit. 

4. Mencegah Kanker

Makan makanan pedas secara rutin dengan takaran yang pas ternyata mampu mencegah kanker. Itu karena kandungan capsaicin pada cabai juga memiliki khasiat untuk menghambat atau bahkan mematikan pertumbuhan sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel sehat di sekitarnya.

Bahaya Makanan Pedas

Walaupun banyak manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi makanan pedas, tidak serta-merta dapat dikonsumsi dengan porsi yang banyak.

Baca juga : Inilah Manfaat Berhenti Rokok yang Langsung Dirasakan

Adapun beberapa bahaya dari konsumsi makanan pedas yang mesti kamu ketahui diantaranya sebagai berikut:

1. Maag

Salah satu bahaya yang dapat ditimbulkan dari mengkonsumsi makanan pedas yakni maag. Tingkat kepedasan atau penggunaan cabai yang berlebih dapat menyebabkan lambung mengalami iritasi atau peradangan.

Bukan hanya itu saja, mengkonsumsi makanan pedas secara berlebih dapat menimbulkan diare dan sakit kepala.

2. Asam Lambung Naik

Makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung yang menyebabkan lambung menjadi panas. Selain itu, dinding lambung pun dapat mengalami iritasi dan kerusakan.

3. Mengiritasi Usus

Dan yang terakhir bahaya yang dapat ditimbulkan adalah mengiritasi usus. Usus merupakan salah satu bagian dalam tubuh yang terbilang sensitif, sehingga jika seseorang mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak maka bahaya dapat terjadi.

Kesimpulan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa mengkonsumsi makanan pedas memiliki maanfaat baik namun disamping itu juga terdapat bahaya apabila kita mengkonsumsinya berlebihan.

Perlu ada takaran yang pas agar gangguan yang terjadi pada perut dapat dihindari serta manfaat yang terkandung didalamnya juga dapat diperoleh secara maksimal.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Makan Pedas Beserta Bahaya Yang Di Timbulkan ini. Semoga dengan informasi ini dapat membantu dan menambah wawasan perihal pembahasan kita kali ini.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.