Umum

Menurut Mulyani (2006), secara umum batang memiliki beberapa ciri yaitu sebagai berikut:

Menurut Mulyani (2006), secara umum batang memiliki beberapa ciri yaitu sebagai berikut

Menurut Mulyani (2006), secara umum batang memiliki beberapa ciri yaitu sebagai berikut:

Menurut Mulyani (2006), secara umum batang memiliki beberapa ciri yaitu sebagai berikut
  • Batang berbentuk silinder yakni panjang dan bulat dengan sifat aktinomorf (sejumlah bidang dapat dibagi menjadi dua bagian).
  • Terdiri atas ruas-ruas yang masing-masing dibatasi oleh buku-buku.
  • Pertumbuhan batang biasanya mengarah ke atas menuju cahaya matahair (bersifat fototrop atau heliotrop
  • Pada bagian ujungnya selalu bertambah panjang sehingga disebut mempunyai pertumbuhan yang tidak terbatas
  • Terbentuknya percabangan selama hidupnya
  • Secara umum tidak berwarna hijau kecuali masih pendek atau anakan.

 

Selain hal tersebut, batang juga memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Sebagai pendukung bagian-bagian tumbuhan yang terletak di atas tanah (daun, bunda, dan buah)
  • Bidang asimilasi diperluas dengan percabangan sehingga bagian-bagian tumbuhan di dalam ruang terletak sedemikian rupa dan pada posisi yang menguntungkan.
  • Sebagai saluran pengangkutan air dan zat-zat makanan dari bawah ke atas dan pengangkutan hasil asimilasi dari atas ke bawah.
  • Sebagai tempat untuk menimbun makanan cadangan.

 

3. Cabang Pohon
Cabang pohon merupakan bagian pohon yang terletak di bagian atas batang utama dan memiliki ukuran yang lebih kecil dari batang utama. Cabang pohon meupakan tempat melekatnya ranting pohon.
4. Ranting Pohon
Ranting pohon merupakan bagian dari cabang pohon yang berukuran kecil dari cabang pohon dan terletak di bagian atas batang utama. Ranting pohon berfungsi sebagai tempat melekatnya tangkai daun pada pohon.
5. Daun Pohon
Daun merupakan bagian pada pohon berwarna hijau (secara umum) yang terletak di atas batang utama. Menurut Sutarmi et al (1983), daun merupakan batang yang telah mengalami modifikasi yang selanjutna berbentuk pipih serta terdiri dari sel-sel dan jaringan yang terdapat pada batang.
Daun pada pohon berfungsi sebagai pengambil zat gas karbon dioksida, pengolah makanan melaui kegiatan fotosintesis, dan sebagai alat transpirasi dan respirasi (Rosanti, 2013). Pada daun yang lengkap biasanya memiliki beberapa bagian yaitu pelepah daun, tangkai daun, serta helai daun. Selanjutnya Tjitrosoepomo (1994) menjelaskan bahwa identifikasi daun dapat dilihat denga sifat-sifatnya yakni bentuk daun, ujung daun, pangkal daun, tulang daun, tepi daun, daging daun, kedaan permukaan dan bawah daun, serta warna daun.

Similar Posts