Umum

Model Pintu Rumah Minimalis

Dalam beberapa tahun terakhir, tren gaya arsitektur dan interior menjadi lebih dominan dan cenderung minimalis. Tapi apa sebenarnya arti minimalis?

Pada dasarnya arsitektur minimalis merupakan modifikasi dari aliran gaya modern.

Pada dasarnya arsitektur minimalis merupakan modifikasi dari aliran gaya modern. Konsep desain modern ini kemudian dikurangi. Itu telah dihapus dan bagian-bagiannya dianggap tidak perlu, hanya menyisakan elemen penting. Tren ini sering diartikan sebagai reaksi terhadap gaya ekspresionisme.

Ketika berbicara tentang konsep dan gaya minimalis, kebanyakan orang langsung berpikir tentang desain rumah, model furnitur, kombinasi warna cat rumah, bahkan gaya hidup. Padahal, ada satu hal yang sering terlewatkan, terutama jika menyangkut desain rumah dan elemen arsitektur. Dia adalah model pintu rumah.

Iya. Model pintu rumah merupakan salah satu elemen desain dan arsitektur rumah, dan tidak terlalu penting untuk dipikirkan. Fungsi utamanya adalah untuk menjaga rumah tetap aman dan berfungsi sebagai penghubung atau pembatas antara bagian dalam dan luar atau luar, namun pintu juga memiliki corak, bentuk dan desain tersendiri. Dan Anda bebas menentukan bagian ini dan berdandan dengan konsep desain terbaik.

Pintu dapat bergaya sekaligus memberikan privasi, perlindungan, isolasi, dan fitur utamanya. Pintu dingin adalah katalisator untuk pernyataan desain dan percakapan. Atau, itu bisa menjadi pintu masuk ke lorong atau ruang tersembunyi.

Ini adalah beberapa model pintu eksterior dan interior dan berisi beberapa informasi praktis tentang bahan dan biaya.

Model pintu luar atau pintu rumah model pintu luar

Penasihat Rumah Ahli Rumah Tangga Dandy Clerico menyatakan bahwa pintu eksterior perlu menyeimbangkan bentuk serta fungsionalitas.

“Pintu depan harus cukup tahan lama untuk menahan cuaca dan potensi penyusup dan cukup menarik untuk meningkatkan tampilan rumah secara keseluruhan,” kata seorang penasihat rumah. Kata Dan.

DiClerico merekomendasikan penggunaan layanan bangunan saat memilih pintu.

Pintu baja sederhana cocok untuk rumah minimalis modern, sedangkan pintu kayu berukir dengan penutup dan jendela atas adalah rumah yang lebih tradisional seperti pengrajin dan era kolonial. Ini cocok untuk, “jelas Di Clerico.

Plus atau minus jenis pintu eksterior yang paling populer

Desain pintu eksterior tersedia dalam berbagai bahan. Ada beberapa jenis bahan yang umum digunakan dan paling populer.

Model pintu kayu

Desain pintu rumah yang menggunakan bahan natural memiliki kesan artistik dibandingkan dengan model pintu sintetis. Beberapa contoh material model pintu natural adalah kayu dan triplek.

Jati jenis ini paling populer di kalangan pemilik rumah. Harganya memang lumayan tinggi, namun kualitas kayu jati cukup tinggi dan kami bangga dengan pemiliknya.

Plus: Kayu adalah bahan yang kuat, tahan lama dan tahan cuaca. Jika ada goresan atau penyok, perbaikannya sangat mudah.
Minus: Harganya relatif tinggi dan membutuhkan perawatan rutin seperti pengecatan dan pewarnaan secara teratur.

Model pintu rumah berbahan fiber glass

Bahan dasar polyvinyl chloride dan aluminium juga sangat dicari oleh pemilik rumah terutama pada rumah minimalis. Dari segi kebutuhan, material dasar desain pintu ini dihadirkan sebagai solusi terhadap bencana seperti seringnya banjir. Kebalikan dari model pintu kayu. Kayu dianggap tidak tahan lama jika sering terkena air. Dan serat kaca adalah solusi paling praktis untuk masalah ini.

Plus: Lebih praktis. Fiber glass memiliki elemen, performa, dan perawatan yang lebih mudah. Pintu jenis ini sangat mudah dicat dan diganti warna, dan Anda dapat mengubah tampilannya jika mau.
Minus: Bahan sintetis memudahkan serat kaca retak.

Model pintu baja

Baja ringan yang siap dipasang menghemat banyak waktu pengerjaan pada berbagai proyek konstruksi yang dijalani. Dalam beberapa situasi, bahkan pembangunan rumah Tipe 36 dilaporkan hanya memakan waktu sekitar seminggu dengan bahan bangunan baru ini.

Baja atau baja ringan juga banyak digunakan sebagai material utama pintu rumah. Ini juga mengedepankan sentuhan gaya kontemporer pada desain pintu.

Plus: Pilihan yang sangat populer saat ini adalah baja yang tahan lama, aman, dan terjangkau. Jadikan itu pilihan terbaik.
Minus: Pintu baja rentan terhadap penyok dan goresan dan sangat sulit untuk diperbaiki.

Model pintu internal hollow core slab (HCS)

Bahan pelat beton pracetak berlubang yang berfungsi sebagai alternatif pelat lantai beton. HCS atau hollow core slab dapat digunakan untuk struktur beton dan baja dan cocok untuk berbagai jenis bangunan seperti rumah, ruko, mall, gedung parkir, hotel dan apartemen. Umumnya material HCS menggunakan beton siap pakai kualitas beton K-450.

Plus: Pintu ini paling murah karena terbuat dari kayu lapis atau material komposit yang dibentuk di sekitar inti berlubang. Bahan SKT bagian bawah umumnya rapi / terpapar sehingga dapat menjadi permukaan plafon yang terbuka.
Minus: Bahannya sangat tipis.

Model pintu inti padat

Terbuat dari lapisan kayu berkualitas tinggi yang direkatkan pada komposit padat, harganya relatif terjangkau tetapi cukup kokoh. Karena kepadatan kayunya yang tinggi, pintu ini sebenarnya lebih berat dan kuat dari jenis pintu lainnya.

Desain keren lainnya: Jasa Arsitek Lampung

Plus: Pintu harga sedang ini jauh lebih terjangkau daripada kayu. Pintu inti padat memberikan ketahanan api yang sangat baik untuk ketebalan setidaknya 1,75 inci.
Minus: Ini bukan pintu yang cocok untuk DIY. Setidaknya diperlukan dua orang untuk pemasangan.

Itulah beberapa model pintu rumah yang lengkap dengan bahan beserta kelebihan dan kekurangannya.

Apa pun gaya desain yang Anda pilih di rumah, model pintu pilihan Anda juga memiliki gaya dan konsep desainnya sendiri.

Similar Posts