Umum

Nanas Si Buah Istimewa Lambang Kota Prabumulih

Nanas Si Buah Istimewa Lambang Kota Prabumulih

Nanas Si Buah Istimewa Lambang Kota PrabumulihNanas Si Buah Istimewa Lambang Kota Prabumulih

Nanas. Siapa yang tak mengenal buah satu ini? Buah yang sangat naik daun ketika bulan puasa tiba. Selain untuk dijadikan asinan, buah nanas sangat diburu pada bulan puasa karena untuk dijadikan selai. Sebagai isi dari kue nastar, kue yang wajib ada saat lebaran tiba.

Namun pada hari-hari biasa, buah nanas tetap menjadi incaran warga. Terutama nanas madu yang biasa dijumpai di sepanjang jalan raya atau jalan di komplek-komplek perumahan warga. Tentu bukan diburu untuk dijadikan selai. Tapi sebagai cemilan biasa karena khasiatnya yang sangat banyak.

Buah nanas diketahui sangat kaya akan vitamin C. Selain itu masih banyak lagi manfaat buah nanas yang patut diketahui. Diantaranya:

– Memperkuat sistem kekebalan tubuh
– Mempertahankan kinerja jantung
– Mencegah kolesterol
– Tinggi serat
– Menyehatkan tubuh

Buah nanas yang menggoda

Pedagang nanas yang mangkal di komplek dan pinggir jalan

Jenis nanas itu banyak sekali. Salah satunya jenis nanas madu. Nanas madu sangat digemari karena rasa buahnya yang manis seperti madu. Adapun daerah penghasil nanas madu yang sangat terkenal adalah Pemalang, Rimbo Panjang, Subang dan Prabumulih.

Berbicara mengenai buah nanas. Tentu kita perlu mengetahui juga sejarah asal muasal buah ini, hingga bisa begitu istimewanya di sini. Di negara Indonesia ini. Padahal buah nanas bukan buah asli Indonesia.

Lalu bagaimana buah nanas ini bisa sampai ke Indonesia? Tak lain dan tak bukan berkat bangsa Spanyol yang memperkenalkan buah nanas ke Hawai pada tahun 1527. Lalu menyebar ke Asia dan Hindia Selatan termasuk Indonesia.

Sementara asalnya buah nanas itu dari Paraguay dan Brasil. Dibudidayakan di seluruh dataran Amerika Selatan. Pada tahun 1493 Christopher Columbus menemukan buah ini di daerah Karibia Guadalupe. Inilah awal mulanya buah nanas dikenal di Eropa hingga ke seluruh dunia. Tetapi harga buah nanas di Eropa sangat mahal sekali. Sebab tempat tumbuh nanas yang baik adalah di daerah tropis. Sementara di Eropa iklimnya dingin. Butuh perawatan ekstra atau mengimpor dari negara lain.

Buah nanas di sekitar Puncak

Buah nanas pada umumnya dimanfaatkan sebagai campuran es buah atau dibuat asinan. Juga sebagai selai untuk olesan roti tawar dan isi kue nastar. Tapi buah nanas bisa juga dinikmati begitu saja tanpa perlu diolah lagi. Terutama nanas madu.

Bagi yang ingin menikmati buah nanas segar begitu saja, bisa dengan menggunakan cara praktis berikut ini.

– kupas nanas sampai bersih
– potong tipis sesuai selera
– rendam dalam air yang sudah diberi garam secukupnya
– biarkan beberapa saat
– tiriskan nanas yang sudah direndam tadi
– nikmati dalam kondisi dingin

Rasa asin manis buah nanas terasa nikmat terutama jika menikmati’ siang hari. Dua atau tiga buah nanas bisa jadi habis seketika tanpa disadari.

Cara praktis menikmati buah nanas madu

Lambang Kota Prabumulih

Begitu nikmat dan banyaknya manfaat yang didapat dari buah nanas, sehingga buah ini pun dijadikan sebagai lambang sebuah kota.

Kota Prabumulih. Begitu nama kota yang menjadikan buah nanas sebagai lambang kotanya. Hasil bumi buah nanas dari kota ini sangat melimpah ruah. Sehingga kota ini pun dijuluki sebagai kota nanas.

Tak tanggung-tanggung, lambang kota ini pun tak jauh dari buah nanas. Mulai dari bentuknya hingga lembaran daun yang menghiasi lambang kota ini adalah daun nanas. Yakni ada 21 lembar daun nanas di bagian atas. Dan 6 lembar daun nanas di bagian bawah.

Penasaran dengan kota satu ini? Datang saja ke daerah Sumatera Selatan. Kota Prabumulih merupakan kota terkecil di wilayah provinsi ini. (Denik)

 

Sumber: https://rakyatlampung.co.id/asus-luncurkan-vivobook-bersistem-operasi-endless-os/

 

Similar Posts