Obat Batuk & Pilek Alami yang Terbukti Ampuh

Obat Batuk & Pilek Alami yang Terbukti Ampuh

Apotekerpurwosarifarma.co.id – Banyak orang yang mengalami keluhan batuk dan pilek saat ini, kondisi tersebut pastinya sangat mengganggu aktivitas sehari-sehari. Sebelum meminum obat, cobalah gunakan obat alami untuk meredakan batuk dan pilek.

Batuk merupakan cara alami pada tubuh untuk tetap menjaga kebersihan tenggorokan baik dahak maupun pemicu iritasi lainnya.

Namun biasanya, batuk yang menyerang akan membuat tidak nyaman, selain rasa gatal di tenggorokan, terkadang batuk akan membuat nyeri pada tenggorokan.

Batuk kering atau berdahak bisa saja disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus, bahkan alergi, asma dan asam lambung juga dapat memicu terjadinya batuk.

Berikut ini merupakan Obat Batuk & Pilek Alami yang Terbukti Ampuh, simak selengkapnya di bawah ini:

Jahe

Jahe memiliki kandungan zat aktif yang dapat membantu mengurangi gejala batuk, pilek, hingga sakit pada tenggorokan.

Jahe memberikan rasa hangat pada tenggorokan, sehingga dapat membantu melegakan batuk dan pilek dengan cepat.

Jahe memiliki kandungan bioaktif seperti gingerol dan shogaol yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antimikroba yang dapat memberikan efek pemulihan pada tubuh dengan cepat.

Berikut ini cara penggunaan jahe untuk meredakan batuk dan pilek, caranya seduh 20-40 gram irisan jahe kedalam secangkir air panas, lalu diamkan selama beberapa menit sebelum diminum. Kemudian tambahkan madu dan perasan lemon agar dapat membantu penyembuhan dengan cepat.

Nanas

Nanas mengandung bromelain yang dipercaya dapat meredakan batuk dan juga mengobati dahak pada tenggorokan.

Selain dapat dimakan secara langsung, anda juga bisa membuat nanas tersebut menjadi jus untuk kemudian diminum.

Daun Mint

Dalam daun mint terdapat kandungan mentol yang dapat mengencerkan lendir atau dahak di tenggorokan.

Anda bisa meminum teh daun mint atau bisa dengan menambahkan beberapa daun mint kedalam teh hangat, lalu hirup uapnya.

Madu

Madu dipercaya dapat meredakan batuk dan nyeri tenggorokan dengan cepat, madu mampu memberikan efek lega di tenggorokan.

Campurkan dua sendok madu dengan air hangat, atau bisa juga dengan menggunakan teh herbal, minum satu atau dua kali sehari.

Banyak minum air

Saat sedang batuk atau pilek, sebaiknya perbanyak minum air agar cairan pada tubuh tercukupi, sehingga dapat meredakan gejala seperti batuk, pilek, dan nyeri tenggorokan.

Berkumur air garam

Larutan air garam dapat mengurangi lendir pada tenggorokan, aduk setengah sendok teh garam kedalam secangkir air hangat, lalu gunakanlah untuk berkumur-kumur. Lakukan beberapa kali sehari agar batuk dan pilek segera mereda.

Penutup

Itulah Obat Batuk & Pilek Alami yang Terbukti Ampuh, semoga informasi ini dapat bermanfaat. Nantikan informasi seputar kesehatan lainnya yang akan admin sampaikan.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *