Pembahasan Tentang Metode ceramah dalam pembelajaran

Pembahasan Tentang Metode ceramah dalam pembelajaran

Pembahasan Tentang Metode ceramah dalam pembelajaran

Pembahasan Tentang Metode ceramah dalam pembelajaran
Pembahasan Tentang Metode ceramah dalam pembelajaran

Metode adalah cara yang fungsinya sebagai alat untuk mencapai tujuan. Makin baik metode itu, makin efektif pula pencapaian tujuan.

Dengan demikian tujuan merupakan faktor utama dalam menetapkan baik tidaknya penggunaan suatu metode.
Dalam hal metode mengajar, selain faktor tujuan, murid, situasi, fasilitas dan faktor guru turut menentukan efektif tidaknya penggunaan suatu metode. Karenanya metode mengajar itu banyak sekali dan sulit menggolong-golongkannya. Lebih sulit lagi menetapkan metode mana yang memiliki efektifitas paling tinggi. Sebab metode yang “kurang baik” di tangan seorang guru dapat menjadi metode yang “baik sekali” di tangan guru yang lain dan metode yang baik akan gagal di tangan guru yang tidak menguasai teknik pelaksanaannya.
Namun demikian, ada sifat-sifat umum yang terdapat pada metode yang satu tidak terdapat pada metode yang lain. Dengan mencari ciri-ciri umum itu, menjadi mungkinlah untuk mengenali berbagai macam metode yang lazim dan praktis untuk dilaksanakan dalam proses belajar mengajar.
Metode ceramah merupakan metode yang selalu digunakan oleh guru dalam pembelajaran,seperti dalam pemberian informasi, bimbingan dan penjelasan meskipun sedikit karena dengan komunikasi langsung akan membangun interaksi guru dengan murid.

A. Pengertian metode ceramah

Metode ceramah adalah suatu cara mengajar atau penyajian materi melalui penuturan dan penerapan lisan oleh guru kepada siswa.

Agar siswa efektif dalam proses belajar mengajar yang menggunakan metode ceramah, maka siswa perlu dilatih mengembangkan keterampilan berpikir untuk memahami suatu proses dengan cara mengajukan pertanyaan, memberikan tanggapan dan mencatat penalarannya secara sistematis.

Jadi dapat dipahami metode ceramah merupakan sebuah bentuk interaksi belajar-mengajar yang dilakukan melalui penjelasan dan penuturan secara lisan oleh guru terhadap sekelompok peserta didik. Dan guru akan menjadi pusat/titik tumpuan keberhasilan metode ceramah.

B. Kelebihan metode ceramah dalam pembelajaran

Guru mudah menguasai kelas.
Dapat diikuti oleh jumlah siswa yang besar.
Mudah mempersiapkan dan melaksanakannya.
Guru mudah menerangkan pelajaran dengan baik.
Mudah mengorganisasikan tempat duduk / kelas.
Lebih ekonomis dalam hal waktu.
Memberi kesempatan pada guru untuk menggunakan pengalaman, pengetahuan dan kearifan.
Dapat menggunakan bahan pelajaran yang luas
Jika digunakan dengan tepat maka akan dapat menstimulasikan dan meningkatkan keinginan belajar siswa dalam bidang akademik.
Membantu siswa untuk mendengar secara akurat, kritis, dan penuh perhatian.
Dapat menguatkan bacaan dan belajar siswa dari beberapa sumber lain.

C. Kelemahan metode ceramah dalam pembelajaran

Tidak meransang siswa untuk membaca
Feed back relatif rendah
Mahasiswa tidak aktif
Informasi hanya satu arah
Membosankan
Menggurui dan melelahkan
Kurang terkendali baik waktu maupun materi
Kurang melekat pada ingatan siswa
Tidak mengedepankan kreativitas siswa
Materi monoton

D. Cara meningkatkan metode ceramah dalam pembelajaran

Tujuan pembicaraan (ceramah) harus dirumuskan dengan jelas
Setelah menetapkan tujuan, harus diteliti apakah metode ceramah merupakan metode yang sudah tepat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.
Menanamkan pengertian yang jelas. Hal ini dapat dilaksanakan dengan berbagai cara. Salah satu diantaranya adalah guru memulai pembicaraandengan suatu ikhtisar atau ringkasan tentang pokok-pokok yang akan diuraikan, kemudian bagian dari pokok bahasan yang merupakan inti, dan akhirnya menyimpulkan bagian atau pokok-pokok
Merangsang perhatian siswa dengan menunjukkan penggunaannya
Dari pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa :

Metode ceramah adalah metode yang selalu digunakan dan divariasikan dengan metode lain.penyampaiannya dilakukan dengan cara lisan sehingga menggambarkan adanya interaksi siswa.
Kunci sukses dalam menggunakan metode ini tergantung padu guru bagaimana ia menerapkan dan mengendalikannya dalam pembelajaran, jika terlalu banyak menggunakan metode ceramah atau metode ini tidak divariasikan maka akan menimbulkan kebosannan siswa dalam mengikuti pelajaran.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/