Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka Hari Ini

Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka Hari Ini

Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka Hari Ini

Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka Hari Ini
Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka Hari Ini

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 akan dimulai pada Senin 10 Juni 2019 jam 13.00 WIB dan akan berakhir 24 Juni 2019. Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi mengatakan, pendaftaran SBMPTN 2019 ini dilakukan secara online melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Untuk itu, Ravik mengingatkan kepada semua calon pendaftar SBMPTN agar memperhatikan secara teliti dan cermat semua ketentuan persyaratan dan tahapan pendaftaran SBMPTN 2019 ini yang dapat dilihat di http://sbmptn.ltmpt.ac.id.

Ravik menyebutkan, SBMPTN 2019 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru

dengan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh perguruan tinggi negeri (PTN). Hasil UTBK telah menunjukkan berbagai keunggulan dan manfaat, baik bagi kepentingan nasional, PTN, maupun peserta.

“Bagi peserta, manfaat seleksi bersama adalah lebih efisien, murah, dan fleksibel dengan adanya mekanisme lintas wilayah. SBMPTN ini dari tahun ke tahun selalu diperbaiki dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Pada tahun 2016 mulai diperkenalkan juga SBMPTN dengan menggunakan UTBK,” ujarnya melalui siaran resmi yang diterima Suara Pembaruan, Senin (10/6/2019).

Lanjut dia, hasil UTBK dikelola oleh oleh LTMPT yang merupakan satu-satunya lembaga

penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Dia menambahkan, sebagaimana yang telah diatur oleh Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 60 Tahun 2018 bahwa kuota setiap program studi (prodi) yang disediakan untuk calon mahasiswa adalah 40 persen dari daya tampung program studi di PTN.

Sementara itu, bagi peserta pendaftar program beasiswa Bidikmisi atau bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di PTN terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran yang ada dilaman http://bidikmisi.belmawa.ristedikti.go.id. Sebab, bagi calon peserta penerima beasiswa Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan calon perserta non-Bidikmisi yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019, tidak diperbolehkan untuk mendaftar SBMPTN 2019.

Sementara itu, Menrisekdikti Mohamad Nasir menyebutkan, dengan mengantongi hasil tes UTBK,

calon mahasiswa tentu dapat mempertimbangkan PTN mana yang lebih berpeluang untuknya. Selain itu, pelaksanaan UTBK juga diklaim Nasir menghemat anggaran karena semua dilakukan secara online. Dengan begitu, peserta dapat mengikuti UTBK dari mana saja sesuai dengan jadwal tanpa harus mendatangi perguruan tinggi yang diinginkan.

“SBMPTN 2019 mengunakan skema UTBK menunjukan peningkatan layanan pendidikan yang semakin baik. Pasalnya, skema UTBK ini hasil studi banding dari negara di benua Eropa maupun Amerika. Misalnya, Amerika Serikat (AS) dan Kanada dalam penerimaan mahasiswa mereka mengunakan skema hasil Tes SAT (Scholastic Aptitude Test),”ujarnya.

 

 

Sumber :

http://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/sejarah-ken-sora/