Pengaru Zat Asam ( Cuka ) Terhadap Kalsium ( Telur Ayam )

Pengaru Zat Asam ( Cuka ) Terhadap Kalsium ( Telur Ayam )

Pengaru Zat Asam ( Cuka ) Terhadap Kalsium ( Telur Ayam )

Pengaru Zat Asam ( Cuka ) Terhadap Kalsium ( Telur Ayam )
Pengaru Zat Asam ( Cuka ) Terhadap Kalsium ( Telur Ayam )

Cangkang telur sebagian besar tersusun oleh zat kapur yaitu Kalsium Karbonat ( CaCo3 ).

Salah satu sifat Kalsium Karbonat adalah dapat larut dalam asam, walaupun tergolong dalam asam lemah, salah satunya adalah Asam Cuka. Saat cangkang telur direndam dalam air cuka, Kalsium Karbonat bereaksi dengan air cuka membentuk garam, sehingga Kalsium Karbonat larut dan yang tersisa adalah protein pengikat yang elastis.

 

Hasil Penelitian

Telur ayam yang direndam air cuka setekah beselang beberapa menit, muncul gelembung-gelembung udara, sedikit demi sedikit yang keluar dari cangkang telur. Seiring berjalannya waktu, gelembung-gelembung udara yang keluar semakin banyak. Kemudian telur mengapung ke permukaan disertai dengan gelembung-gelembung udara. Cangkang telur akan mengelupas sedkit demi sedikit dan kulir telur mulai melunak.

Setelah lebih kurang 24 jam, cangkang telur sudah mengelupas semuanya dan telur sudah kembali kedasar dan kemudian mengapung lagi dan kembali lagi kedasar dan tidak kembali lagi mengapung ke permukaan. Itu tandanya cangkang telur sudah lembek / melunak

 

Pembahasan

Dari penelitian yang telah dilakukan, kita dapat mengetahui bahwa telur ayam yang telah direndam dengan air cuka mengalami perubahan yang sangat mencolok jika dibangdingkan dengan telur ayan yang biasanya kita lihat sehari-hari. Telur ayam yang direndam air cuka selama kurang satu hari cangkangnya mengelupas dan melunak, sehingga telur terasa lebih ringan dan kenyal ketika disentuh, berbedab dengan telur yang tidak direndam dengan air cuka, cangkangnya masih utuh dan terasa keras apabila disentuh. Telur yang direndam air cuka mengalami perubahan dikarenakan kandungan asam dari cuka memiliki kemampuan untuk merusak beberapa zat, salah satunya kalsium, yang seperti kita ketahui sebagai penyususn utama cangkang telur.

 

Air cuka berpengaruh terhadap keringanan dan kelunakan kulit telur ayam

Sehingga telur ayam yang sudah direndam dengan air cuka mengalami perubahan. Semakin lama proses perendaman, maka semakin terlihat jelas perubahan yang terjadi pada telur ayam.

Sumber : https://blog.dcc.ac.id/contoh-teks-ulasan/