Pendidikan

PENGERTIAN AKUNTANSI MANAJEMEN

PENGERTIAN AKUNTANSI MANAJEMEN

PENGERTIAN AKUNTANSI MANAJEMEN

PENGERTIAN AKUNTANSI MANAJEMEN

Dalam pengelolaan barang ataupun keuangan yang ada dalam sebuah perusahaan, pastilah dibutuhkan seorang manajer handal dalam memanajemen segala sesuatu tersebut. Hal itu digunakan untuk demi tercapainya tata kelola administrasi serta perbendaharaan yang baik dan benar. Salah satu yang dibutuhkan yaitu akuntansi manajemen.

Namun, disini kita akan lebih memfokuskan terhadap akuntansi manajemen. Dua kata yang saling berkaitan tapi bukan dua hal yang sama. Akutansi manajemen adalah sebuah sistem yang memiliki kaitan dengan penggunaan informasi akutansi tingkat manajerial suatu organisasi atau perusahaan.

Agar, tidak terlampau jauh berbeda dalam memaknai arti akutansi manajemen. Maksud dari akutansi manajemen sendiri adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menyajikan sebuah data laporan keuangan untuk pihak internal perusahaan seperti halnya manajer produksi, manajer keuangan, manajer pemasaran, dan badan – badan lain yang membutuhkan sajian data konkret.

Adapun, pengertian akutansi manajemen menurut para ahli terangkum sebagai berikut:

  • Akutansi manajemen merupakan sebuah informasi keuangan yang dihasilkan dari tipe akutansi manajemen, yang mampu dimanfaatkan oleh pengguna intern dari suatu entitas. (Mulyadi)
  • Akutansi manajemen merupakan sebuah proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, penyusunan, interpretasi, dan komunikasi informasi yang digunakan untuk merencanakan dan mengevaluasi suatu entitas demi tercapainya kepastian dari sajian data laporan. Sehingga akuntabilitas data tersebut kuat untuk dijadikan sebagai barang bukti pertanggung jawaban. (CIMA)
  • Akutansi manajemen adalah sebuah proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisa, penyiapan, penafsiran, serta komunikasi mengenai informasi yang dapat membantu tercapainya tujuan dari masing – masing organisasi tersebut. (Charles. T. Homgren)
  • Akutansi adalah sebuah aktivitas yang mampu menghasilkan jasa yang berfungsi sebagai penyedia informasi yang didalamnya termuat mengenai informasi kuantitatif yang pada dasarnya bersifat keuangan. Hal itu agar pihak eksternal maupun internal mampu mengambil keputusan berdasarkan hasil dari laporan tersebut. (R.A. Supriyono : 1993)

Dari pendapat para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa, akutansi manajemen merupakan dua hal yang saling memiliki keterkaitan dalam penggunaan sajian data laporan, baik berupa keuangan maupun yang lain. Namun, lebih dititikberatkan terhadap sajian data berupa fakta untuk menilai pertanggung jawaban dari sebuah kegiatan ataupun perencanaan.


Baca Juga :

Similar Posts