Pendidikan

 Pengertian Analisis Pasar (Market)

 Pengertian Analisis Pasar (Market)

 Pengertian Analisis Pasar (Market)

 Pengertian Analisis Pasar (Market)

Pasar merupakan kumpulan konsumen potensial yang memiliki kebutuhan dan keinginan tertentu serta bersedia untuk turut serta dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan tersebut.[1]Analisis Pasar adalah suatu penganalisaan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah pasar. Analisis pasar akan menyangkut lokasi pasar, luasnya pasar, sifatnya pasar dan karakteristik pasar.

Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara untuk mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Di dalam menganalisis pasar, perusahaan perlu meninjau jenis produknya, motif, perilaku dan sasaran pasarnya. Masalah yang perlu dianalisis dalam pasar adalah besarnya pasar, ruang lingkup pasar, struktur pasar, share pasar, serta peluang-peluang pasar. Mengenai besarnya pasar dapat ditentukan oleh besarnya permintaan dan penawaran terhadap barang atau jasa yang dibutuhkan para konsumen.

Analisis Pasar dianggap penting bagi pemasar yang berorientasi pada Marketing Concept. Pemahaman sangat penting agar dapat memilih dan menetapkan keputusan-keputusan pemasaran yang efektif atau tepat.

Suatu pendekatan (Approach) 5 step dalam Analisis Pasar :

  1. Gambaran struktur produk pasar, yaitu dengan mengidentifikasi kumpulan produk-produk yang dapat disajikan untuk memuaskan kebutuhan mendasar kemudian menganalisa tingkat kemampuan saling mengganti atau subtitusi produk-produk tersebut.
  2. Batasan pasar yang relevan, yaitu batasan kelompok pesaing yang dianggap paling relevan dapat ditetapkan terlalu sempit (antar merk) atau terlalu luas (sesama memenuhi kebutuhan yang sama)
  3. Analisa permintaan industri, yaitu mempelajari siapa, mengapa dan bagaimana pelanggan membeli jenis produk yang dipasarkan.
  4. Analisa permintaan terhadap merk, yaitu pemahaman bagaimana para pembeli membuat pilihan dimana diantara merk-merk  atau penjual pada pasar yang relevan.
  5. Indentifikasi, yaitu didasarkan atas penelitian perusahaan terhadap peluang-peluang pasar dan requitment pontensial pasar.

  1. Faktor Yang Mempenngaruhi Analisis Pasar

Tingkat frekuensi para konsumen atau para pembeli dalam membeli suatu barang ditandai dengan sering tidaknya membeli barang dan tergantung pada tingkat konsumsi barang tersebut. Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat konsumsi dalam pembelian barang-barang adalah :

  1. Faktor umur
  2. Faktor pendidikan
  3. Faktor selera
  4. Faktor agama
  5. Faktor budaya faktor musim

Adapun permasalahan di dalam ruang lingkup analisis pasar antara lain, yaitu :

  1. Barang dan jasa yang dipasarkan
  2. Letak pasar, sifat dan karakteristik pasar
  3. Organisasi pembelian
  4. Kegiatan pembelian
  5. Perkembangan pembelian
  6. Saingan perusahaan

Pada kenyataannya jika hasil produksi tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan para konsumen, bearti perusahaan yang bersangkutan mengalami kegagalan dalam usahanya. Barang-barang yang dihasilkan oleh perusahaan, berfungsi atau tidaknya ditentukan oeleh para konsumen. Suatu barang yang mempunyai manfaat atau nilai guna, ada kemungkinan tidak akan dibeli jika barang tersebut tidak dikenal oleh para konsumen. Oleh karena itu perusahaan harus cepat mempromosikan barang-barang yang dibuat agar dapat mempengaruhi para konsumen, serta agar dapat menciptakan permintaan.

Cara terbaik dalam memperkenalkan produk yang dibuat oleh perusahaan adalah melalui jalur promosi dan pelaksanaannya dimulai dari pemasangana iklan. Pemasangan iklan dapat dilakukan melalui surat kabar, majalah, TV, radio, pameran. Dengan menggiatkan penjualan melalui promosi, diharapkan perusahaan dapt meningkatkan penjualan harganya serta omset penjualan.

sumbe r:

Microsoft Word Apk v16.0.8431.2022 for android

Similar Posts